Psikoterapi

Bookmark and Share

Dalam dunia modern, jumlah orang yang menderita masalah mental terus meningkat. Karena kegagalan metode pengobatan modern, lebih banyak orang sekarang beralih ke metode konvensional yang berbeda seperti psikoterapi yang memiliki beberapa teknik pengobatan tersendiri termasuk membangun hubungan eksperimental, dialog, dan perubahan perilaku si pasien.

Sejarah Psikoterapi

metode pengobatan Psikoterapi kuno diyakini berasal dari peradaban masa Yunani kunoYunani kuno yang pertama untuk mengklasifikasikan gangguan mental sebagai kondisi medis. Sebelum Yunani, penyakit mental dikaitkan dengan entitas jahat yaitu gangguan kejiwaan yang disebabkan oleh roh jahat, terutama pada masa pemerintahan kekaisaran Roma. Setelah Kekaisaran Roma jatuh, keyakinan lama yang berkaitan dengan takhayul itu masih dipercaya oleh sebagian masyarakatnya. Salah seorang ahli psikoterapi yaitu Sigmund Freud, dan banyak lainnya telah membuat kontribusi penting perkembangan ilmu psikoterapi. Selama lebih dari lima puluh tahun terakhir, praktik dan metode Freud telah dianggap memberikan kontribusi besar dalam bidang ini.

Perbedaan Psikoterapi Pengobatan

jutaan orang di seluruh dunia mencoba untuk berhenti merokok, hanya sekitar 4% yang mampu melakukannya. Terapi menggunakan psikoterapi ini sebenarnya dianggap sebagai salah satu metode yang berhasil untuk menghentikan kebiasaan merokok, karena menggunakan pikiran bawah sadar pada prakteknya untuk mengubah proses berpikir orang tersebut.

Kepanikan adalah salah satu sifat kecemasan intens yang sering muncul tiba-tiba dan dapat terjadi tanpa peringatan atau alasan apapun yang dapat mempengaruhi mental dan emosi seseorang. Rasa panik akan timbul jika seseorang mendapat tekanan atau kekawatiran yang berlebihan. Dibandingkan dengan terapi obat, terapi perilaku kognitif bekerja lebih efektif untuk menyembuhkan orang yang memiliki sifat mudah panik. Hal ini melibatkan berbagai teknik relaksasi dan membantu seseorang untuk lebih memahami emosi dan kejiwaannya yang menyebabkan serangan kepanikan.

Berbagai gangguan mental lain yang dapat disembuhkan melalui penggunaan terapi pengobatan psikoterapi ini termasuk sifat marah yang berlebihan, depresi, konseling perkawinan, penafsiran mimpi dan lain-lain.

Keuntungan Dari Terapi

Ada berbagai keuntungan melakukan konsultasi psikoterapis untuk menangani masalah-masalah mental. Beberapa di antaranya adalah:

mengobati pasien melalui penggunaan neurologi dan psikiatri berbagai disiplin untuk mengobati penyakit mental seperti skizofrenia, gangguan kepribadian, dan ketidakmampuan belajar.

Sebuah sesi terapi psikologis konseling membantu orang agar mau bicara, mengungkapkan isi hatinya sampai melepaskan emosinya. Ada penyakit mental tertentu yang tidak memerlukan pengobatan apapun. Sebaliknya, bahkan dalam beberapa survey dan penelitian berbagai gangguan mental seperti Gangguan Stress Pasca Trauma (PTSD) secara efektif dapat diobati dengan sesi bicara yang dipandu oleh seorang ahli terapis.

Dengan demikian, psikoterapi telah membantu dalam memerangi masalah-masalah mental yang berkaitan dengan emosi yang berakar dari perasaan. Bagi orang-orang yang berjuang dengan berbagai masalah mental hari demi hari, terapi ini menawarkan solusi yang layak untuk semua masalah kejiwaan.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar