Cara memperkuat sinyal modem koneksi internet smartfren

Bookmark and Share
Cara memperkuat sinyal modem koneksi internet smartfren - Sebetulnya hal ini sudah lama gw eksperimenin, cuma ada beberapa hal yang menyebabkan baru gw posting disini, pertama karena gw mau uji coba dulu sampe sebulan, ntar takutnya emang pas kebeneran aja sinyal sedang bagus, gagal dong eksperimennya. Dan yang terakhir karena emang eksperimennya malu-maluin banget bentuknya, aneh dan malah kayak orang gila jadinya...hahhaha

Oke, secara logika sih hal ini juga bisa diterapkan di modem apa aja dan provider apa aja, jadi elu bisa juga mencoba cara memperkuat sinyal modem paket internet ini di Telkomsel, Indosat, Tri, Flexi, atau di provider lainnya, yahhh meskipun buat modem dan provider laen belon pernah gw uji coba sih.

Ingat, ada beberapa hal yang harus lakuin agar cara ini bener-bener perfecto yah, oke langsung aja aku mulai satu-satu

1. SINYAL RADIO MODEM
Menurut gw, mau pake trik apa aja mustahil akan berhasil jika sinyal radio provider elu gak maksimal diterima oleh perangkat modem, jadi kerjaan pertama adalah kita harus memaksimalkan dulu frekuensi sinyal yang diterima oleh modem.
Ada banyak cara diluaran sana, yang tentunya memerlukan budget, salah satunya adalah dengan menggunakan antena penguat sinyal yang banyak dijual dipasaran dengan harga rata-rata diatas 400 ribuan. atau kalo mau irit lagi yah pake antena wajan, tentunya meskipun pake antena wajan yah tetep aja kita harus beli kabel dan lain-lain belum lagi ntar koneksi internet elu akan bau ikan asin.
Nah inti dari memperkuat sinyal adalah soal antena, kalo ngomongin soal antena yah kita harus berurusan dengan benda logam yang namanya Alumanium.
Kebetulan disini gw dapet ide murah meriah namun lumayan berhasil, langsung aja gw tancep ke perabotan dapur emak gw, disitu gw liat ada tutup teko minum jadul yang terbuat dari alumanium, langsung gw ambil dan gw modifikasi agar bisa diselipin diantara modem smartfren gw, beginilah penampakan jadinya :


Lobangin aja tengahnya dan masukin kayak gini di modem

PERINGATAN KERAS :
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak, jika tertelan oleh anak-anak akan sangat susah bagi dokter untuk mengeluarkannya
  • Jangan menggunakan perangkat antena ini di keramaian misalnya di Mall atau di Cafe, karena selain malu, lu pasti dianggep orang gila
  • Jauhkan dari jangkauan banci 
  • Perangkat antena ini akan menyebabkan mual-mual, muntah, muka retak-retak dan akan berujung pada kematian jika dilihat oleh Ono W Purbo
2. KONEKSI DENGAN KONEKSI MANUAL

Gw dah sering kasih tau di postingan-postingan yang lalu bahwa jangan sekali-kali melakukan koneksi dengan software bawaan dari modem, alesannya sederhana saja, di software jumlah koneksi elu sudah di Log dan akan dikirimkan ke provider setiap kali kita melakukan koneksi, jadi sekilas seperti itulah cara provider menentukan jumlah Quotanya, dan tentunya ini hanya berlaku jika kamu memilih paket Unlimited tapi ada kuotanya (entahlah ga ngerti gw bahasa bodoh tsb).
Selain itu, aku juga gak ngerti kenapa saat aku pake koneksi bawaan dari modem, pasti suka putus-putus dan rasanya lelet banget. Hal ini belum gw ketahui mengapa, jadi gak usah dibahas lebih dalam lagi.
Nah bikin koneksi manual di Windows XP caranya adalah :

  1. Klik Start-Connect to-Show all connections
  2. Setelah keluar new windows, pilih Create a new Connection-klik Next-Connect to the Internet-Set up my connection manually-connect using a dialup modem
  3. Masukan nama koneksinya, misalnya Smart, masukan dial up numbernya *777 lalu user name dan passwordnya pake "m8" tanpa tanda petik, gak usah pake username dan password "Smart" yah, karna dah kebanyakan yang pake, jadinya rada ngadet jalurnya kale.
Nah nanti kalo dah jadi koneksi manualnya, di koneksinya kamu klik properties-networking-internet protocol (TCP/IP) lu klik propertiesnya. Kalo dah keluar propertiesnya, kamu pilih yang Use the following DNS server address, lalu pada preferred DNS Server lu isikan 8.8.8.8 dan di Alternate DNS Server elu isikan 4.4.4.4 
Itu adalah DNSnya milik Google, biar dapet membuka semua port yang ditutup oleh provider, ngartikan maksud gw? selain itu DNS Google akan jauh cepat ketimbang kamu pake DNS dari Smartfren itu sendiri.

3. TRIK ANTI IDDLE
Kalo sinyal udah oke, DNS juga oke, sekarang kita pikirin gimana caranya agar koneksi kita gak mengalami Iddle atau stop alias berhenti sendiri. Pernahkan pas upload photo atau download sesuatu, atau juga komputer elu diemin beberapa menit tiba-tiba gak bisa konek ke internet, dan mengharuskan elu ngonekin lagi dari awal, bete gak tuh?
Nah disini gw kasih trik jadul tapi tetep kepake sampe masa kini, caranya adalah :
lu buka Command Prompt alias DOS command, kalo gak tau cara bukanya lu klik start-All programs-Accesoris dan pilih Command Prompt
Kalo dah keluar DOS commandnya, elu ketik "ping www.google.com -t" tanpa tanda petik.

Beresssss........yah.....?
Udah dulu, lain kali kalo ada trik yang lebih manusiawi bakal gw share deh...

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar