Tips Ampuh Mengobati Sariawan

Bookmark and Share

Stomatitis atau yang lebih dikenal dengan sariawan adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada lapisan kulit, secara umum sariawan sering terjadi pada bibir, lapisan mulut, lidah, gusi dan langit - langit mulut. Kendati sariawan bukan penyakit berbahaya namun penyakit yang satu ini cukup menjengkelkan, karena bila terkena sariawan kita akan susah berbicara dan akan terasa perih ketika makan. Pada intinya sariawan adalah penyakit spele namun sangat mengganggu, sariawan sendiri bisa disebabkan oleh luka pada mulu, alergi makanan, ataupun gusi yang tergores ketika menyikat gigi. Dan berikut ini kami rangkumkan cara - cara mengobati sariawan seperti dilansir dari detikhealth.com Rabu 19/12/2012


1. Berkumur Dengan Air Garam
Seperti yang diketahui garam mampu menarik cairan penyebab sarian pada mulut, oleh karena ada baiknya anda rutin berkumur dengan air garam minimal 3x sehari.

2. Madu
Cairan yang satu ini selain manis memang memiliki segudang manfaat yang salah satunya berguna untuk mengobati sariawan, karena dengan mengoleskan madu pada daerah sariawan lapisan kulit yang terluka akan cepat menyatu kembali. Jadi anda bisa menggunakan madu sebagai salah satu obat sariawan, caranya tinggal mengoleskan sedikit madu pada daerah sariawan.

3. Baking Soda
Selain sebagai pembuat kue baking soda akhir - akhir ini mulai sering digunakan untuk pengobatan, dan salah satu kegunaan baking soda terbaru adalah untuk mengobati sariawan. Karena baking soda sendiri telah terbukti mampu menghilangkan bakteri dalam mulut yang dapat memperparah sariawan, cara penggunaan baking soda bisa campur dengan air lalu pakai untuk berkumur.

4. Lemon
Nah ini sering kali digunakan orang untuk mengobati sariawan pada bibir, cara penggunaannya tinggal belah lemon jadi dua dan ambil separuh untuk diusapkan pada bagian sariawan di bibir. Oleskan lemon sampah airnya mengenai sariawan agar kuman penyebab sariawan bisa larut oleh air lemon, namun ketika pertama kali menggunakannya akan terasa sedikit perih.

5. Vitamin
Yang terakhir anda lakukan bila sering sariawan adalah memperbanyak kandungan vitamin C pada tubuh, cara anda bisa membeli vitamin pada toko obat atau memakan buah - buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk.

http://www.jejakinfo.com/2012/12/tips-ampuh-mengobati-sariawan.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar