Cara Memperbaiki Komputer Sendiri dengan Mudah

Bookmark and Share
Cara Memperbaiki Komputer Sendiri dengan Mudah - Yuk kita belajar servis komputer sendiri biar kalau komputer kita rusak, eror dan lain sebagainya gak perlu lagi pergi ke tukang servis. Selain untuk menghemat waktu dan biaya, kan lumayan juga bisa menambah pengetahuan, dan mungkin juga bisa menambah penghasilan. Karena masih banyak orang yang enggan untuk belajar servis komputer, sehingga ada kerusakan kecil dan sederhanapun, mereka memilih menyuruh orang untuk memperbaikinya.
Cara Memperbaiki Komputer Sendiri dengan Mudah
Belajar Servis Komuter sebenarnya gak susah. Cuma ada dua macam keruskan yang pasti terjadi pada komputer, yaitu kerusakan pada hardware dan software.

Kerusakan pada hardware, bisa diakibatkan konsleting, terjatuh, tersiram air dan atau memang sudah masanya rusak atau mati. Sedangkan kerusakan pada software bisa disebabkan hardware yang tidak kompatibel, virus dan lain sebagainya. Yang jelas kerusakan pada komputer adalah sesuatu yang niscaya terjadi. Jadi, ketika komputer rusak kita juga sudah siap menjadi tukang servis.

Apa saja yang dibutuhkan untuk belajar servis komputer sendiri??? Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan :
1. Komputer milik sendiri, namanya juga servis komputer sendiri, ya komputer harus milik sendiri donk...
2. Komputer tersebut harus dalam keadaan rusak (ya iya lah.... kalau komputer normal ngapain di perbaiki atau diservis)
3. Alat-alat secukupnya (tester, obeng, dll)
4. Uang, lho kok uang??? Kan buat persediaan kalau nanti harus beli spare part pengganti
5. Keberanian untuk mencoba, belajar tidak boleh takut ini dan itu, langsung aja action

Baik kita langsung mulai belajar servis komputer sendiri. Hal pertama yang harus dilakukan adalah idntifikasi penyakit atau kerusakan komputer. Untuk mengidentifikasi kerusakan pada komputer sangatlah mudah, hal ini bisa dilakukan dengan mengidentifikasi bunyi beep yang dikeluarkan CPU. Untuk mengidentifikasi kerusakan komputer lewat beep silakan baca Mendeteksi Kerusakan Hardware Lewat Beep.

Setelah membaca artikel mendeteksi kerusakan hardware lewat beep, tentunya sekarang sudah tahu kan kira-kira kerusakan pada apa. Kalau kerusakan terjadai pada Memory dan VGA jangan langsung dibuang tuh memori dan VGA. Coba lakukan sedikit usaha kecil untuk memperbaikinya. Yang biasa saya lakukan adalah membersihkan kaki-kaki VGA dan Memori dengan menggunakan penghapus. Kalau nasib lagi mujur, VGA dan Memori bisa berjalan normal kembali.

Kalau seumpamanya diidentifikasi harware mngalami kematian total (sudah tidak bisa diselamatkan dan yang paling sering mengalami kematian adalah memori dan VGA), langsung aja gunakan alat nomor 3, yaitu uang untuk membeli spare part pengganti. Kalau anda tidak begitu paham dengan jenis memori ataupun VGA, alangkah baiknya anda membawa barang yang mati ke toko komputer sebagai contoh. Jadi nanti kita gak keliru beli barang.

Bagaimana cara memasang hardware pengganti??? Jangan khawatir, komputer sudah didesain dengan soket-soket yang bisa dipasangi hardware apabila hardware tersebut cocok saja. Jadi kalau gak cocok, diusahakan dengan model apapun, gak bakalan bisa masuk. Yang perlu diperhatikan adalah perhatikan lubang pada soket, kemudian sesuaikan dengan hardware yang akan dipasang, kalau sudah yakin pas, baru ditekan agar hardware yang kita pasang benar-benar tertanam pada soket dengan benar.
Nah demikian panduan belajar servis komputer sendiri yang bisa saya share kepada sobat semua. Semoga bermafaat.

Sumber : http://fadhilgalery.blogspot.com/2011/04/belajar-servis-komputer-sendiri.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar