Bagaimana Agar Baterai Laptop Awet

Bookmark and Share

Baterai Laptop Awet

Bagaimana Agar Baterai Laptop Awet? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh para pengguna laptop kepada saya. Awet di sini bukan daya baterai yang tahan lama tapi baterai yang tahan lama. Berbagai upaya dilakukan oleh para pengguna laptop untuk menjaga baterai laptop agar berumur panjang. Sehingga terkadang cenderung mengabaikan keamanan laptop itu sendiri.

Pada sebagian pengguna laptop ada yang menerapkan tips memperpanjang umur baterai laptop dengan tidak menggunakannya disaat ada listrik tersedia disekitarnya. Artinya, ketika ada listrik menyala mereka memilih mencopot baterapi laptop dan menghidupkan laptop tanpa menggunakan baterai. Daya listrik diperoleh langsung dari stop kontak listrik layaknya sebuah PC Desktop.

Benarkan cara demikian bisa membuat baterali laptop awet? Jawabannya mungkin iya, apalagi kalau baterai tersebut dicabut dari laptop kemudian dibungkus dengan palstik kemudian disimpan dilemari dan tidak digunakan selama-lamanya saya jamin awet tuh baterai laptop. Hehehe.... 

Namun amakah cara demikian dilakukan? Sekarang mari kita analisa tentang keamanan bagi laptop. Ingat baterai pada laptop merupakan tempat menyimpan daya cadangan pada laptop, dan apabila daya yang tersimpan pada baterai akan habis maka laptop akan memberikan warning. Namun apa jadinya kalau baterai dicopot, maka ketika terjadi mati lampu laptop akan mati mendadak. Sedangkan kalau laptop mati mendadak maka akan menimbulkan kerusakan baik terhadap system operasi baik hardware. Perangkat keras yang sering menjadi korban dari laptop dan PC yang mati mendadak adalah hardisk. Nah, pertanyaannya sekarang maukah anda mengorbankan laptop anda sendiri demi menjaga baterai laptop? Lalu apakah ada cara lain untuk menjaga baterai laptop agar lebih awet. Tentu ada. Ikuti tips-tipnya seperti berikut ini.

Tips Agar Baterai Laptop Awet
1. Pada saat anda baru membeli laptop isi atau cas penuh terlebih dahulu baterai laptop. Silakan cas baterai dalam keadaan laptop mati sekitar 3 - 4 jam.
2. Jangan nyalakan laptop pada setiap kita melakukan cas terhdap baterai laptop.
3. Jangan biasakan menghidupkan laptop ketika baterai tingga 10% lagi.
4. Segera matikan laptop ketiak baterai tinggal 10 %
5. Cas baterai laptop dalam keadaan laptop mati

Nah, itu adalah menurut saya cara yang paling aman untuk menjaga baterai laptop agar awet atau panjang umur. Mungkin sebagian dari anda ada yang protes nih. Wah kalau setiap melakukan cas baterai laptop harus dimatikan bisa terbengkalai nih pekerjaan. Oke, tidak apa-apa, silakan anda bekerja dengan laptop dengan tetap melakukan cas pada baterai laptop. Karena laotop-laptop keluaran terbaru baterainya susah bisa menyuplai daya dan mengaturnya secara otomatis. Artinya, ketika baterai laptop sudah terisi full, maka listrik akan disalurkan langsung ke powe laptop tanpa melalui baterai, jadi tidak ada kekhawatiran terjadinya over load daya apda baterai.

Sumber : http://fadhilgalery.blogspot.com/2012/12/bagaimana-agar-baterai-laptop-awet.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar