Saat Pilek, Atasilah dengan Tidak Melesit Hidung

Bookmark and Share



 Musim hujan yang kini tengah berlangsung, membuat virus flu mudah sekali menular sehingga banyak sekali yang mengalami flu pilek. Jangan terburu-buru mengambil obat untuk meredakannya, Anda dapat meringankan pilek dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan tidak melesit hidung (membuang ingus dengan memijit hidung).

Virus flu pilek terbilang tidak terlalu berbahaya, tetapi dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih rentan terhadap virus yang lebih berbahaya. Meskipun mengeluarkan ingus sepertinya merupakan cara terbaik untuk menyingkirkan kuman jahat, tetapi hal tersebut ternyata dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan kuman.

Sayangnya, melesit hidung untuk mengeluarkan ingus mengarah terhadap penyumbatan sinus oleh lendir penuh kuman. Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang melesit hidungnya, hal ini dapat membalikkan aliran lendir menuju sinus.

Sebuah studi yang dilakukan di University of Virginia yang menganalisa hasil CT scan terhadap pasien yang flu yang melesit hidungnya untuk membuang ingus. Peneliti menemukan bahwa ketika orang sedang bersin atau batuk, tekanan dalam rongga hidung rendah, seperti dilansir naturalnews, Jumat (16/11/2012).

Namun, orang-orang yang melesit hidung dapat meningkatkan tekanan pada rongga hidung dan mendorong lendir mundur ke sinus. Peneliti menyatakan bahwa perjalanan lendir kembali ke dalam sinus dapat menyebabkan perkembangan infeksi.

Alih-alih melesit hidung, lebih baik menyeka aliran ingus yang keluar dari hidung. Menyeka lendir tidak menyebabkan lendir kembali masuk ke dalam sinus dan memungkinkan kuman keluar dari rongga hidung secara alami, sehingga Anda dapat segera pulih dari flu.

Cara alami untuk mengeluarkan lendir berkuman dari sinus adalah dengan membilas rongga hidung dengan air garam menggunakan neti pot. Tambahkan setengah sendok teh garam laut ke dalam secangkir air hangat, atau tambahkan antiseptik jika flu disertai dengan sakit tenggorokan.

Agar rongga hidung bersih, Anda juga dapat menggunakan semprotan nasal yang mengandung hidrogen peroksida setelah berkumur dengan garam. Selanjutnya, semprotkan ke kedua lubang hidung, jepit hidung dengan jari dan miringkan kepala ke depan sehingga obat sampai ke rongga sinus bagian atas. Ketika cairan mengalir keluar dari hidung, jangan melesit melainkan mengelapnya.

sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar