Perbedaan Twitter dan Facebook untuk Bisnis

Bookmark and Share

Kami sering mendapatkan pertanyaan ini dari rekan-rekan yang menjalankan bisnis di socmed. Yang mana yang lebih bagus untuk bisnis, Twitter atau Facebook?


Ini merupakan pertanyaan yang bagus dan saya rasa banyak bisnis yang kecil maupun besar tidak bisa memutuskan harus mengarahkan sumber daya dan waktu mereka ke mana.

Pertama mari kita bahas Twitter, kenapa harus menggunakannya? Berikut adalah beberapa alasannya,

Twitter sangat bagus untuk INTERAKSI, merupakan tempat jika Anda ingin berinteraksi secara langsung dengan follower dan orang ingin Anda ajak memfollow Anda. Contohnya, coba lihat official page Twitter milik Nandos. Anda akan melihat bahwa mereka berhasil mengumpulkan follower dan kebanyakan dilakukan melalui interaksi dengan follower, retweet, dan membuat orang terkenal (memiliki banyak follower) untuk membuat tweet tentang perusahaan mereka.

Twitter cocok untuk melakukan BROADCAST, memberitahu pada orang-orang tentang apa yang sedang terjadi dalam bisnis Anda. Hal ini memberikan kesempatan pada mereka untuk meretweet pada orang yang bukan follower Anda, membalas pesan itu, dan lebih penting lagi, memberikan komentar pada apa yang baru Anda katakan, sangat berharga!

Twitter lebih MUDAH digunakan pada perangkat mobile jika dibandingkan dengan Facebook, dan dengan jumlah pengguna mobile yang makin meningkat, berinteraksi lewat channel mobile akan membuat pertumbuhan lebih mudah.

Jauh lebih mudah memBANGUN network Anda di Twitter dibandingkan Facebook melalui inetraksi dengan follower dan bukan follower.

Twitter menawarkan akses yang lebih mudah pada orang-orang yang tidak terhubung langsung dengan bisnis Anda.

Selanjutnya, mari kita bahas Facebook.

Facebook menawarkan DEEP ENGAGEMENT dengan para penggunanya karena mereka bisa memberikan komentar dan pemikiran yang lebih mendalam tentang brand Anda.

Di Facebook, komunitas dan interest dari sebuah group bisa terlihat dengan mudah (dari likes yang mereka berikan), sesuatu yang tidak bisa diidentifikasi dari follower Twitter.

Profil di Facebook sangat mudah dicustom dan bahkan aplikasi bisa dibuat untuk mendapat informasi tembahan mengenai user. Ini bisa membantu bisnis untuk mendapat feedback yang lebih general.
Facebook memiliki jumlah pengguna yang lebih banyak, tentunya sekaligus market yang lebih besar.

Mana Yang Lebih Bagus?

Sebenarnya akan tergantung juga dari network terdekat yang Anda punya (dan relate dengan bisnis Anda) memiliki asset social media yang kuat di Twitter atau Facebook, tergantung juga tujuan dari campaign Anda apakah awareness atau engagement, berikut ini adalah pendapat dari Paul Sagoo, CEO Lemon Group :

Secara personal, saya lebih percaya untuk menggunakan Twitter. Saya lebih menyukainya dibandingkan Facebook karena alasan-alasan dibawah ini:

Kita bisa berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki requirement SAAT INI dan bukannya beberapa waktu lalu. Bahkan mereka tidak harus menjadi follower kita.
Twitter bertumbuh lebih cepat dibandingkan dengan Facebook.
Kita bisa mendapat dukungan dari orang terkenal/selebriti di Twitter untuk membantu bisnis kita menjual lebih banyak.

Kita bisa mengikutsertakan brand lain dalam diskusi dengan follower.
Follower bersifat lebih loyal dan terhubung daripada sekedar memberi Like.
Kita bisa menyebarkan informasi secara realtime, mengukur tingkat engagementnya dengan cepat dan mengetahui tingkat efektivitasnya dengan lebih mudah.

Mengenai mana yang lebih baik apakahFacebook atau Twitter adalah hal yang selalu diperdebatkan dan tidak ada seorangpun yang bisa memberikan jawaban yang paling benar. Anda harus mencobanya dan mengukur result dari effort yang Anda lakukan.

http://www.storyunic.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar