Menyeduh Kopi Agar Tak Terlalu Pahit

Bookmark and Share


Jangan anggap sepele cara menyeduh kopi. Meski mudah ada triknya untuk membuat rasanya lebih nikmat.
 - Kopi bukan hanya sekadar minuman. Jenis minuman paling populer di dunia ini juga sudah menjadi gaya hidup bahkan sebuah acara sosial sendiri. Agenda sosial dengan kawan atau hanya hang out, kedai kopi menjadi pilihan acara kumpul-kumpul yang disenangi banyak kalangan.
Secangkir kopi hangat dengan tambahan kudapan manis, asin, kering, renyah atau pun creamy pasti akan terasa nikmat. Meski terbilang mudah, namun menyeduh kopi ternyata ada triknya sendiri. "Lama menyeduh dan cara pengadukan kopi giling sangat mempengaruhi citarasa kopi," ungkap Mirza Lukman, Assisten Learning and Development Manager Starbucks saat peluncuran Red Cups di Starbucks di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2012) lalu.
Menurut Mirza, saat menyeduh kopi bubuk yang menggunakan alat press kopi, sebaiknya jangan terlalu lama merendam kopi bubuk dalam alat tersebut. Proses perendaman kopi yang terlalu lama akan membuat kopi menjadi terlalu kental dan pahit. "Lama maksimal merendam kopi ini maksimal empat menit," tambahnya.
Selain itu, agar citarasa kopi ini tetap nikmat maka perhatikan cara pengadukan kopi. Setelah kopi berada di dalam cangkir, sebaiknya aduk kopi secara perlahan. Pengadukan kopi yang terlalu cepat akan membuat kopi ini terekstrak terlalu banyak dan membuatnya jadi sangat pahit.

sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar