Lakukan 6 Hal Ini Agar Kuping Anda Tetap Tajam

Bookmark and Share



Foto: Ilustrasi
, Seiring bertambah usia, kemampuan indra manusia biasanya semakin menurun. Karena itu selagi masih muda, tubuh harus dijaga baik-baik agar tidak menyesal kemudian. Nah, telinga sebagai salah satu panca indra juga harus dirawat dengan baik agar tidak berkurang ketajamannya.

Bisa Anda bayangkan betapa sepinya dunia jika telinga tidak dapat berfungsi? Hal sepele bisa membuat kemampuan mendengar seseorang menurun lho, misalnya saja bila telinga banyak terpapar suara keras.

Berikut ini 6 hal yang bisa Anda lakukan untuk sebagai wujud cinta pada kuping sehingga ketajamannya tidak berkurang, seperti dikutip dari Times of India, Senin (12/11/2012):

1. Gunakanlah penyumbat telinga
Suara-suara bising yang demikian keras bisa mengakibatkan kerusakan pada gendang telinga Anda. Jadi bila Anda berada di lingkungan yang luar biasa bising, gunakanlah penyumbat telinga. Sebisa mungkin hindarilah lingkungan semacam itu.

2. Gunakan yang terbaik
Berjalan-jalan sambil mendengarkan musik dari MP3 player portable atau handphone tentu mengasyikkan. Tapi jangan sembarangan memilih earphone atau headphone. Memang alat ini tidak akan merusak kuping Anda, tapi kebiasaan tidak sehat dalam pemakaiannyalah yang membahayakan.

Umumnya orang sengaja mendengarkan musik keras-keras dengan tujuan agar suara bising di sekitarnya tidak terdengar. Tapi Anda tidak perlu lagi menaikkan volume untuk memperoleh ketenangan saat mendengarkan musik, jika Anda memilih earphone atau headphone yang memiliki fitur noise-cancelling. Dengan demikian, suara bising di luar tak akan lagi mengganggu Anda meski musik diputar pada tingkat yang wajar.

Jika earphone atau headphone Anda rusak, segeralah menggantinya. Jangan tunggu sampai alat tersebut benar-benar hancur.

3. Biarkan kuping beristirahat
Telinga Anda juga butuh istirahat. Jadi jangan 'paksa' telinga Anda untuk terus menerus mendengarkan musik dari MP3 player portabel itu. Istirahat 5-15 menit bisa membuat telinga tetap prima.

4. Kecilkan volume MP3
Jangan terlalu keras memutar MP3 yang bahkan sampai bisa didengar orang yang duduk di samping Anda. Ingat, mendengarkan MP3 keras-keras bukan ide yang baik dan malah akan menyakiti telinga Anda.

5. Buatlah aturan
Anda harus buat aturan yang bisa 'menyenangkan' telinga Anda. Misalnya saja menerapkan aturan dengan tidak mendengarkan musik bervolume lebih dari 50 persen dan dilakukan hanya dalam tempo 90 menit. Lalu konsistenlah menjalani aturan Anda sendiri ini.

6. Perlakukan kuping dengan baik
Sebaiknya Anda jangan menggunkan cotton bud untuk membersihkan kuping. Sebagai gantinya, teteskan minyak zaitun ke dalam telinga sepekan sekali sehingga kotoran bisa keluar dengan alami.

Jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan fungsi pendengaran Anda, segeralah pergi ke dokter. Pendengaran yang berkurang menunjukkan ada masalah dengan telinga Anda.

SUMBER

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar