Kemajuan Pendidikan Mengangkat Kemajuan Negara

Bookmark and Share
Berbicara soal Pendidikan di Indonesia.

Kemajuan Pendidikan Mengangkat Kemajuan Negara. Pendidikan merupakan pusat bagi kemajuan sebuah bangsa, melalui pendidikan kita semua sebagai masyarakat dapat mengetahui kearah mana negaranya akan dibawa, untuk dapat mengikuti arus globalisasi maupun modernisasi. Namun bagaimana ketika suatu negara menganggap permasalahan-permasalahan yang menyangkut dunia pendidikan?

Beberapa masalah mendasar yang sangat berpengaruh terhadap essensi lembaga pendidikan di negara kita tercinta ini, berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional dan untuk membangun kepercayaan masyarakat, misalnya pengembangan kurikulum, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, penigkatan mutu menejemen sekolah, dan sebagainya. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukan peningkatan yang berarti. Sebagian sekolah, terutama di kota-kota menunjukan peningkatan mutu yang cukup mengembirakan, sebaliknya sebagian lain masih memprihatinkan.  Maka dari itu sekolah mau tak mau harus bisa memberikan jaminan mutu untuk memenuhi kepuasan pelanggannya .

Masih jauh dari kemungkinan untuk dapat mengarah kepada kemajuan pendidikan di negara kita apabila permasalahan seperti ini masih tidak dibenahi oleh pemerintah.


Profesionalisme Guru dalam Usaha Pengangkatan Mutu Pendidikan.

Guru mempunyai tugas dan fungsi yang beragam, salah satunya adalah sebagai fasilitator dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada seluruh anak bangsa demi mencerdaskan dan mengarahkan mereka dalam menghadapi hidup di masa mendatang.
Pada era globalisasi saat ini, pendidikan mempunyai tanggung jawab dalam tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia berkualitas di masa depan. Di lingkungan pendidikan seperti sekolahan, keprofesionalime seorang guru memegang kunci utama bagi peningkatan mutu tersebut, yang mencakup peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik sebagai aset generasi penerus Indonesia masa depan.

Tuntutan globalisasi dan modernisasi yang semakin maju dengan ditandai oleh rasionalisasi dalam berkarya yang sangat tinggi, haruslah diimbangi dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Karena bisa saja orang tua kualahan membimbing anaknya dalam segi persiapan hidup. Dengan kata lain peran guru akan lebih penting untuk dapat mengimbangi kondisi perkembangan siswa di sekolah. Selain memiliki pengetahuan yang tinggi dalam substansi bidang mata pelajaran, seorang guru dituntut pula untuk menunjukkan keterampilannya secara unggul dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.

Ada banyak usaha yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk dapat konsisten dalam keprofesioanalismenya. Yakni seperti berperilaku sejalan dengan kode etik profesi dan membangun rasa kesejawatan dengan rekan seprofesi untuk bersama-sama membangun mutu pendidikan Indonesia. 

Namun saya sangat mengapresiasi kepada para bapak ibu guru yang senantiasa mengajarkan anak didiknya tanpa lelah dan tanpa keluh kesah, Peran guru dalam mencerdaskan bangsa atau anak bangsa merupakan tugas yang tidak begitu mudah, bagaimana tidak, para siswa yang dihadapi memiliki sifat, sikap dan tingkah laku yang beragam, tingkat kecerdasan yang tidak sama, latar belakang keluarga yang berbeda, sehingga setiap guru harus memiliki trik dan cara sendiri yang dirasa lebih nyaman dan bisa digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan. semoga Pemerintah juga mau memperhatikan  kualitas dan kesejahteraan para guru.

Kesimpulan
 
Pendidikan sebagai Grand atau pusat dari kemajuan bangsa haruslah diberikan perhatian khusus oleh berbagai pihak terutama pemerintah. harus menyadari bahwa hakikat atau tujuan utama dari inovasi pendidikan adalah untuk membantu sekolah mencapai tujuannya secara efektif melalui penerapan sejumlah program atau praktek-praktek pendidikan yang lebih baik.

Demikian ulasan yang bisa saya sampaikan Mengenai Pendidikan di Indonesia. Semoga kedepan pendidikan di negara kita tercinta ini bisa lebih maju dalam segala aspek.
AchsanBlog ™

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar