Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan

Bookmark and Share
Fungsi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawab manajer keuangan. Tugas pokok manajemen keuangan antara lain meliputi keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian deviden suatu perusahaan, dengan demikian tugas manajer keuangan adalah merencanakan untuk memaksimumkan nilai perusahaan.

Tugas Pokok Manejemen Keuangan


Tugas-tugas dasar yang diemban oleh seorang menejer keuangan secara umum adalah :
1.    Mendapatkan Dana Perusahaan
2.    Menggunakan Dana Perusahaan
3.    Membagi Keuntugan / Laba Perusahaan

Tujuan Manajemen Keuangan


Tujuan dengan adanya manajer keuangan untuk mengeloa dana perusahaan pada suatu perusahaan secara umum adalah untuk memaksimalisasi nilai perusahaan. Dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin.


Sebagai contoh keterkaitan tanggung jawab tersebut adalah misalnya Anda menginginkan untuk melakukan perluasan usaha maka Manajer Keuangan atau bagian keuangan akan berkoordinasi dengan bagian produksi apakah kaasitas produksi (mesin-mesin) masih mencukupi untuk rencana perluasan tersebut.

Tanggung jawab dari Manajer Keuangan atau bagian keuangan didalam mengelola fungsi Manajemen Keuangan dapat digambarkan dalam skematis berikut ini :





{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar