Cara Mengatasi Bayi Kembung

Bookmark and Share
Bagaimana cara mengatasi bayi kembung? Ini bisa menyebabkan bayi menangis terus menerus tanpa kita ketahui sebabnya. Penyebab bayi kembung bisa kerana ketika sedang menyusu udara ikut terbawa masuk sedikit demi sedikit dan menumpuk pada perut bayi dan menimbulkan kembung. Atau bisa juga karena tidak segera disusui pada saat sedang lapar, sehingga udara masuk ke dalam perut bayi. Untuk bayi yang diberi susu formula tambahan selain ASI, biasanya kembung terjadi karena pencernaan bayi tidak tahan terhadap laktosa yang terkandung dalam susu formula. Pada bayi yang sudah berusia diatas 6 bulan ke atas dan diberikan makanan tambahan lainnya, juga akan lebih beresiko terjadi kembung karena penumpukan gas dalam lambung.

Gejala kembung pada bayi bisa berupa menangis yang terus menerus, kaki yang ditarik-tarik terus terusan, perut terasa lebih keras dari biasanya dan sering buang angin. Beberapa tindakan bisa kita lakukan untuk mengatasu bayi kita yang kembung, misalnya sebagai berikut:

* Mengoleskan minyak telon dengan usapan yang lembut ke perut bayi.
* Meletakkan kain yang sudah agak dihangatkan ke atas perut bayi.
* Posisi bayi coba untuk ditengkurapkan, biasanya ini akan mendorong angin dalam perut untuk keluar.

Beberapa tindakan tersebut bisa kita lakukan sendiri, tetapi bila kembung masih terjadi pada bayi sebaiknya segera periksakan ke dokter. Ini untuk mencegah dan mengetahui kondisi lebih dini atas segala kemungkinan. Selamat mencoba cara mengatasi bayi kembung ini, semoga buah hati anda lekas sembuh dan ceria seperti biasa.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar