Cara memperbaiki hardisk Sendiri

Bookmark and Share
Ahli Kompi - Cara memperbaiki hardisk memang tidak mudah akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba memperbaikinya sendiri. Hardisk adalah salah satu komponen komputer yang cukup awet, tapi terkadang di tengah jalan kita sering mengalami keruskan pada komponen ini. Penyebabnya adalah karena kerusakan komponen dan bisa juga kerana ulah virus.

Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak

    Analisa Kerusakan

Ingat kembali kejadian yang membuat hardisk anda rusak. Biasanya yang menyebabkan hardisk rusak adalah karena proses booting yang tidak berjalan dengan sempurna. Logikanya seperti ini, saat komputer sedang melakukan proses booting otomatis hardisk juga akan ikut bekerja, kemudian di tengah jalan tiba-tiba listrik mati. Otomatis hardisk yang sedang bekerja tadi seolah-olah dimatikan secara paksa, sehingga memungkinkan terjadinya kerusakan.


    Komponen Hardisk

Perhatikan juga komponen internal pada hardisk. Perhatikan lampu yang terdapat pada CPU anda, jika dalam kondisi normal lampu akan menyala atau berkedip yang menandakan hardisk sedang bekerja. Pastikan juga semua kabel terhubung dengan baik.

    Install Ulang

Cobalah untuk menginstall ulang komputer dengan sistem operasi yang baru. Bisa saja kerusakan hardisk disebabkan oleh sistem operasi yang kacau.

    Recover Data

Jika anda memiliki data penting, lakukan recovery dengan menggunakan software yang bisa kita temukan di google. Misalnya recuva, easeus data recovery wizard, atau wondershare data recovery.

Untuk lebih lengkap tentang cara memperbaiki hardisk selengkapnya Anda bisa mendownload ebook berikut. Ebook ini berisikan tutorial memperbaiki hardisk mulai dari langkah analisa sampai tahap-tahap yang mendetail dilengkapi dengan gambar.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar