Aplikasi Pesan Instan Kreasi Mahasiswa UNS

Bookmark and Share


Tampilan Facebook Messenger

 - Tiga mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memperkenalkan kreasi mereka berupa pesan instan (messenger) yang diberi nama Gold Messenger. Tidak seperti pesan instan yang sudah ada, Gold Messenger ini dijanjikan mampu digunakan antar-platform yang berbeda, misalnya antara telepon seluler (ponsel), dari ponsel ke tablet atau komputer pribadi (PC) dan sebaliknya.  
"Aplikasi ini gratis, hanya perlu mengunduh dari www.gold-messenger.org, yang paling penting servernya berada di Indonesia sehingga cepat dan keamanan datanya lebih terjamin," kata Koordinator Tim Gold Messenger Zandra Dwanita Widodo, Jumat (23/11/2012).
Gold messenger diklaim juga bisa digunakan lintas sistem operasi ponsel, seperti Android, Blackberry, iPhone, Windows Phone, Nokia Symbian, Java, dan lainnya. Pesan instan ini juga bisa berkomunikasi dengan program pesan instan komersial lainnya yang telah beredar di pasaran.
Zandra bersama dua rekannya yang lain menjadi konseptor Gold Messenger, yakni Hendrik Priyo Utomo dan Bughy Rubiyanto. Ketiganya mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).   "Cita-cita kami ingin menciptakan media komunikasi yang murah bagi rakyat Indonesia, tidak dibatasi jenis, merek perangkat, atau operator tertentu. Ini  konsep gratis akan kami pertahankan selamanya," lanjut Zandra.
Pesan instan ini menjanjikan fasilitas seperti pesan instan lainnya, yakni bisa mengirim gambar, video, audio, file dokumen, dan suara selain pesan teks. Gold Messenger juga bisa digunakan untuk pembicaraan beberapa orang sekaligus atau grup dalam waktu bersamaan.
Humas Tim Gold Messenger Haryanto mengungkapkan, Gold Messenger menggunakan protokol komunikasi standar internasional sehingga memungkinkan digunakan antarplatform, sistem operasi, dan operator.   Untuk keamanan, pihaknya menjaga kerahasiaan setiap pesan. Pesan yang dikirim dienkripsi dan tersimpan di server. Setiap pesan hanya bisa dibaca oleh orang yang berhak. Diakuinya, aplikasi ini masih terus dalam pengembangan.

sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar