Alat Kesehatan Untuk di Rumah

Bookmark and Share
Alat kesehatan bukan hanya untuk dokter atau rumah sakit atau klinik dan puskesmas saja. Kita kadang memerlukan alat kesehatan untuk dirumah, ini untuk mengantisipasi bila terjadi sesauatu yang menyangkut kesehatan bayi, ibu dan keluarga lainnya serta memerlukan penanganan segera. Ada beberapa jenis alat kesehatan dan perlengkapan yang sebaiknya disediakan dirumah, jadi bila dalam kondisi mendesak pada waktu malam-malam terjadi luka misalnya, kita bisa segera mengobatinya dengan peralatan yang ada sementara, ini terutama untuk jenis luka ringan.

Juga pada beberapa kejadian yang pasti banyak dialami oleh sebuah keluarga, ketika mempunyai anak kecil atau masih bayi, dan tiba-tiba badannya panas atau perut kembung dan lainnya, kita juga bisa melakukan penanganan sementara secepatnya. Misalnya ketika bayi panas, ini sering terjadi, kita memerlukan termometer sebagai pengukur suhu tubuh untuk mengetahui ambang batas aman suhu tubuh anak. Dan juga obat penurun panas, terutama bila hanya karena bayi panas biasa.

Berikut ini beberapa alat kesehatan yang sebaiknya disiapkan untuk keluarga dirumah:

* Obat penurun panas, untuk antisipasi bila anak panas mendadak dan mencegah terjadinya kejang karena panas. Biasanya bisa diperoleh di apotik, sebaiknya berkonsultasi dengan pihak medis untuk jenis dan dosisnya.
* Obat sakit kepala, flu dan sejenisnya. Kadang sakit kepala bisa terjadi kapan saja termasuk pada malam hari, daripada harus ke warung atau apotik akan lebih baik untuk menyiapkannya sejak awal.
* Termometer, ini akan bermanfaat mengukur suhu badan ketika anak sedang panas agar terkontrol dalam batas aman dan tidak terjadi kejang.
* Minyak kayu putih, minyak telon dan balsem.
* Betadin, untuk luka kecil.
* Plester dan perban untuk membalut luka.
* Kapas putih dan tisu.
* Cairan pencuci luka, bisa didapatkan di apotik.
* Masker dan sarung tangan yang steril.

Tentunya alat kesehatan diatas bisa dengan mudah didapat dan tidak terlalu mahal harganya, dan ini akan sangat bermanfaat untuk persiapan di rumah. Jadi, mari kita siapkan alat kesehatan di rumah untuk keluarga tercinta kita.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar