AGAR PAYUDARA TETAP CANTIK

Bookmark and Share


ilustrasi

, Payudara yang cantik adalah payudara yang sehat, kencang, dan indah. Nah, setiap perempuan tentu mendambakan payudara yang cantik. Untuk memiliki payudara cantik, cara-cara sederhana bisa dilakukan. Apa saja?

"Agar payudara sehat, lakukan pemeriksaan rutin setiap hari oleh diri sendiri dengan perabaan saat mandi untuk mengenali secara dini seandainya terdapat benjolan yang mencurigakan dan datanglah ke dokter untuk meyakinkannya," jelas dr Budiman, SpBP, dari Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia (PERAPI) kepada detikHealth, Rabu (7/11/2012).

dr Budiman juga menganjurkan agar para wanita mengikuti petunjuk dokter seandainya dicurigai memiliki benjolan yang dicurigai tumor.

Jangan mudah percaya dengan iklan-iklan yang mengklaim dapat dengan mudah memperbesar payudara atau menyembuhkan penyakit dengan herbal atau obat-obatan yang belum terbukti secara klinis khasiatnya.

"Jangan percaya kepada terapi lain selain bidang kedokteran agar Anda tidak terlambat ditangani. Sekarang ini di negeri tercinta ini, banyak sekali tawaran dan iklan tentang kesehatan yang bukan berasal dari dunia kedokteran, yang menawarkan berbagai terapi. Dan banyak pula korbannya yang pada akhirnya terlambat ditangani secara medis," lanjut dr Budiman.

Dan agar payudara tetap indah, dr Budiman pun memberikan beberapa tips, antara lain:

1. Rajinlah berolahraga tertentu, senam tertentu yang bisa memelihara payudara tetap kencang

2. Pergunakanlah selalu bra yang cocok pada saat beraktivitas agar payudara dan kulitnya tidak cepat kendur karena gravitasi.

3. Peliharalah berat badan yang ideal, harus diingat bahwa obesitas akan berpengaruh kepada bentuk dan ukuran payudara.

Lalu adakah makanan khusus yang bisa membuat payudara tetap cantik? Menurut dr Aditya Wardhana, SpBP(K), dokter spesialis bedah plastik dari RSCM, tidak ada makanan yang secara khusus membuat payudara molek.

"Nutrisi, pola makan yang baik dan menjaga berat badan ikut mempengaruhi kondisi payudara," kata dr Aditya.

Payudara terdiri atas jaringan lemak, jaringan ikat dan jaringan lain yang merespon hormon-hormon tertentu dalam tubuh. Hormon estrogen yang banyak dihasilkan wanita terkadang dijadikan kambing hitam pemicu munculnya kanker. Nutrisi-nutrisi dalam makanan memiliki efek cukup baik untuk menekan perkembangan kanker.

Seperti dilansir empowher, beberapa nutrisi yang bisa dikonsumsi tersebut antara lain adalah:

1. Brokoli
Penelitian menunjukkan bahwa sulforaphane dalam brokoli dapat membantu liver membuang kelebihan estrogen dan dapat berdampak pada sel-sel kanker. Konsumsi brokoli juga diketahui dapat meningkatkan kelangsungan hidup pasien kanker payudara.

2. Teh hijau
Teh hijau mengandung bahan aktif yang disebut dengan epigallocatechin gallate, salah satu antioksidan yang kuat. Dalam beberapa penelitian, teh hijau telah terbukti menjadi pelindung terhadap serangan kanker payudara. Minum teh hijau sebanyak 2 cangkir per hari dapat menjaga jaringan-jaringan payudara tetap sehat.

3. Kunyit
Bumbu dapur ini mengandung senyawa yang disebut curcumin. Berdasarkan penelitian tahun 2002, curcumin diakui sebagai bahan anti peradangan, antioksidan kuat dan berpotensi sebagai zat anti kanker.

4. Vitamin D
Vitamin D telah terbukti memiliki manfaat mencegah maupun mengobati kanker payudara. Vitamin D secara alami dapat diperoleh dari sinar matahari pagi atau dari suplemen.

5. Sayuran yang mengandung flavonoid
Sayuran hijau yang berbentuk dedaunan seperti kemangi dan seledri mengandung apigenin, yaitu senyawa bioflavonoid yang kuat dan diketahui dapat mencegah dan mengobati kanker payudara. 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar