Stress? Minum Saja Teh Hijau!

Bookmark and Share
undefinedTeh hijau mengandung banyak polifenol, antioksidan yang sangat kuat. Teh hijau berkhasiat melancarkan sistem kardiovaskular serta mencegah berbagai kanker dan penyakit Alzheimer. Para pecinta teh hijau memiliki risiko pneumonia  47% lebih rendah dan risiko kanker darah 42% lebih rendah.
Teh hijau diminum, stress pun turun
Teh hijau memiliki manfaat lain yang menyehatkan: membantu menghindari stres. Sebuah penelitian telah dilakukan melalui survei terhadap sekitar 42.000 orang Jepang berusia 40 tahun ke atas. Setelah mempelajari kuesioner mengenai minuman yang mereka minum dan tingkat stres yang dirasakan (2700 peserta survei adalah penderita stress), para peneliti menemukan bahwa risiko stres turun 20% dari konsumsi harian 5 cangkir teh hijau. Secara keseluruhan, dapat dikatakan bahwa semakin banyak meminum teh hijau, semakin berkurang tingkat stress. Temuan lain menunjukkan bahwa peminum teh hijau, dengan konsumsi harian 4 cangkir lebih, memiliki risiko depresi moderat 44% lebih rendah.
Temuan ini menguatkan hasil penelitian sebelumnya oleh Unilever, yang menyebut bahwa teh hijau mengandung L-theanine yang memiliki efek relaksasi pada otak. Konsumsi 50 mg L-theanine (setara dengan dua atau tiga cangkir teh) merangsang gelombang alfa otak. Dengan meningkatkan frekuensi gelombang alfa otak, frekuensi gelombang beta yang berhubungan dengan ketegangan mengalami penurunan.
Tips meminum teh hijau
  • Biarkan teh hijau sampai larut dalam 10 menit.
  • Teh hijau mengandung sedikit theine (mirip kafein dalam kopi). Bila Anda ingin mengurangi kadarnya, celupkan teh hijau ke dalam sedikit air panas selama satu menit, buang airnya. Celupkan lagi teh hijau tersebut ke air dalam cangkir yang ingin Anda nikmati.
  • Jangan mencampur susu dengan teh hijau. Susu dapat menetralisir efek teh hijau.
  • Hindari meminum teh hijau setelah makan. Teh hijau dapat mengurangi penyerapan zat besi di dalam usus. 
sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar