Mencegah Kerusakan Mata Akibat Layar Komputer

Bookmark and Share

 Menatap layar komputer setiap harinya sudah menjadi kebiasaan para pekerja kantor pada umumnya. Bekerja di depan layar komputer dalam waktu yang lama dapat menyebabkan mata kering, berkunang-kunang bahkan dapat menyebabkan sakit kepala. Jika gejala-gejala tersebut Anda alami, tak ada salahnya mengevaluasi kembali posisi komputer dan pola kerja Anda. Untuk melindungi mata dari efek negatif akibat terlalu lama bekerja di depan layar komputer, perhatikan poin-poin berikut ini:
Atur posisi
Masalah umum yang terjadi ketika lama bertatapan dengan layar komputer adalah mata merah dan kering. Hal ini terjadi karena saat bekerja di depan komputer kita lebih sedikit berkedip untuk melembapkan mata. Sebaiknya letakkan layar komputer atau laptop dengan posisi sedikit di bawah mata. Posisi ini membuat mata tidak terlalu terbuka lebar saat menatap layar komputer. Beri jarak antara monitor dan mata untuk kenyamanan bekerja. Beri jarak setidaknya 20-30 cm untuk kenyamanan menatap layar komputer.
Dinding di belakang monitor juga berperan penting untuk mengurangi kelelahan mata. Hindari latar atau dinding yang terlalu terang atau dengan motif terlalu ramai yang bisa membuat mata sulit berkonsentrasi pada layar komputer. Hal ini membuat mata cepat lelah karena bekerja ekstra.
Istirahat
Semua bagian tubuh tentu perlu waktu istirahat. Begitu juga mata yang lelah bekerja menatap layar komputer. Usapkan kedua telapak tangan Anda hingga hangat, lalu tutup mata Anda dengan kedua telapak tangan. Biarkan mata terpejam dalam keadaan gelap selama setidaknya satu menit. Jika memungkinkan, lakukan di ruangan yang tenang.
Rumus umum 20-20-20 juga berlaku untuk mengistirahatkan mata. Beristirahat setiap 20 menit, lalu pandang sesuatu yang jaraknya kurang lebih 20 meter selama 20 detik. Dengan begitu, mata bisa beristirahat dari sinar layar komputer dan pandangan jarak dekat.
Sesekali, pijat area di sekitar mata dengan lembut. Lakukan gerakan memutar secara perlahan untuk membuat otot-otot di sekitar mata lebih rileks. Usahakan untuk berkedip cukup sering demi menjaga kelembapan mata — agar tidak kering dan iritasi.
Atur kenyamanan
Sering kali mata harus bekerja keras karena pengaturan yang tidak tepat. Saat mengetik atau membaca, atur sedemikian rupa besar huruf sehingga tidak membuat mata harus memicing. Jangan sampai mata harus bekerja ekstra keras karena pengaturan besar huruf yang tidak nyaman. Membaca atau menulis dengan besar huruf yang tidak nyaman dapat membuat mata lelah, posisi tubuh lelah karena harus mendekat ke layar, dan tubuh tegang.
Usahakan juga atur tempat kerja dengan cahaya yang cukup. Bekerja di tempat yang terlalu terang bisa membuat mata iritasi. Sedangkan bekerja di tempat yang terlalu gelap bisa membuat mata mudah lelah dan rusak. Sesuaikan tingkat cahaya monitor Anda yang nyaman.
Dari berbagai sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar