Macam macam vitamin dan manfaatnya

Bookmark and Share


undefined
Vitamin adalah senyawa organik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena berperan sebagai bahan pokok yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh untuk proses metabolisme setiap organisme.

Macam macam vitamin dan manfaatnya


Macam macam vitamin dan manfaat vitamin bagi kesehatan kita.

Vitamin A

Kegunaan vitamin A adalah sebagai berikut :

  • Menjaga kesehatan mata

  • Mencegah Infeksi

  • Pendukung pertumbuhan badan

  • Menjaga kesehatan kulit

Jika terjadi kekurangan vitamin A maka ciri cinya adalah mata menjadi merah, dan bila dibiarkan maka bisa berlanjut pada kebutaan. Vitamin A untuk mencegah terjadinya kebutaan terkandung dalam buah pisang, pepaya, hati, minyak goreng, sayuran, tomat dan wortel.

Vitamin B

Bermanfaat juga untuk kesehatan mata dan mencegah penyakit gondok. Vitamin B terdapat pada beras, gandum, daging, hati dan sayuran hijau.

Vitamin B-1, B6, B-12

Berguna untuk menyembuhkan penyakit nyeri pada vitamin ini terdapat pada sayuran misalnya bayam dan tomat. Terdapat juga pada buah buahan misalnya pada buah pisang, pepaya dan jeruk. Vitamin tersebut juga terkandung pada telur,susu dan daging.

Vitamin B2

Terdapat pada makanan yang bahannya mengandung Vitamin B1

Vitamin B6

Terdapat pada jagung dan ragi.

Vitamin C

Terdapat pada buah-buahan, sayuran dan yang utama adalah jeruk. Jika kekurangan vitamin ini maka akan menderita penyakit Scorbut yaitu pendarahan pada gusi, usus, kulit, otot, dan juga akan mudah terkena infeksi.

Vitamin D

Terdapat pada telur, mentega dan susu sapi. kekurangan vitamin D akan mengakibatkan tulang menjadi lemas dan penderitanya maunya duduk saja. Untuk mengatasinya adalah dengan pemberian vitamin D dan banyak berjemur dibawah terik mataharri pagi.

Vitamin E

Manfaat vitamin E adalah untuk mencegah penyakit kulit, berguna untuk menutup luka dan mencegah/mengobati kemandulan. Vitamin E Terdapat pada hati, biji-bijian, buah, sayuran dan kacang-kacangan. Bahan vitamin ini terdapat pada mentega atau minyak samin.

Vitamin K

Vitamin K terdapat pada bayam dan kol, Seseorang yang kekurangan vitamin K jika mengalami luka maka darah yang mengalir sulit untuk dihentikan.

sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar