Kenali Penyakit Aneurisma Aorta Abdominalis

Bookmark and Share
 
 – Aneurisma Aorta Abdominalis adalah kondisi medis yang ditandai dengan pelemahan dan penonjolan pada daerah aorta abdominalis. Penyakit ini merupakan penyakit keturunan. Pada penyakit ini terjadi penggelembungan di aorta yang melewati perut.
 Aorta adalah arteri yang paling besar yang berasal dari jantung melewati daerah dada dan perut yang membawa darah teroksigenasi ke seluruh tubuh. Bagian dari aorta yang melalui perut dikenal sebagai aorta abnominalis. Pada AAA, dinding aorta di daerah perut melemah dan membesar secara bertahap dalam beberapa periode waktu tertentu. Hal ini sering tidak bergejala dan terlihat sewaktu pemeriksaan bagian tubuh yang lain. AAA terjadi lebih sering pada orang-orang di atas usia 60 tahun dan biasanya ditemukan pada bagian aorta yang terletak tepat di bawah daerah ginjal. Orang dengan AAA kecil atau sedang disarankan untuk melakukan pemeriksaan teratur setiap 6-12 bulan untuk memantau kondisi ini. Hal ini dapat juga menjadi penyakit yang mengancam jiwa, terutama ketika pelebaran dinding aorta membesar dan dapat pecah sehingga menyebabkan perdarahan organ dalam yang hebat, yang dapat menyebabkan kematian dalam hitungan menit. Aneurisma ini biasanya diperbaiki dengan cara operasi guna mencegah pecahnya dinding aorta tersebut.
Penyebab
Penyebabnya adalah infeksi, kelainan bawaan pada jaringan ikat yang membentuk dinding arteri, selain adanya trauma. Pada anak-anak biasanya diakibatkan cedera tumpul pada perut atau akibat sindrom marfan (kelainan yang mengenai jaringan ikat. Biasanya ditandai dengan langit-langit lidah yang tinggi dan organ tubuh yang menjadi lebih panjang). Aneurisma yang besarnya sampai dengan 5 cm, sangat mungkin akan pecah. Pecahnya gelembung ini bisa menyebabkan pendarahan hebat dalam rongga perut.
Gejala
Gejala yang ditimbulkan biasanya rasa nyeri dan ada denyutan di perut. Nyeri ini rasanya menusuk sampai punggung dan biasanya menetap. Pada pendarahan yang berat, orang tersebut bisa sampai syok.
Pengobatan
Pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan pembedahan. Risiko lain bila aneurisma aorta abdominalis ini sampai pecah adalah terjadinya gangguan pada ginjal. Bila dibiarkan saja atau tidak segera diambil tindakan, maka kemungkinan terburuk yaitu kematian bisa terjadi. 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar