Kelompok Makanan yang Memperparah Jerawat

Bookmark and Share


Di masyarakat, ada persepsi umum bahwa banyak makan kacang, goreng-gorengan dan buah alpukat dapat menyebabkan jerawat. Itu hanyalah mitos. Pemahaman umum di kalangan ilmiah selama ini adalah tidak ada makanan yang menimbulkan jerawat.
Namun, makanan tertentu diketahui dapat memperparah jerawat:
1. Gula dan Karbohidrat
Dalam Journal of American Academy of Dermatology edisi Juli 2010, Prof Bowe WP, dkk menyimpulkan bahwa makanan yang mengandung sejumlah besar gula halus dan karbohidrat berindeks glikemik rendah dapat memperburuk jerawat karena meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh. Insulin selanjutnya memicu rangkaian reaksi biokimia yang meningkatkan sekresi sebum yang memperparah jerawat. Permen, es krim, batang cokelat dan keripik kentang adalah contoh makanan manis berindeks glikemik rendah.
2. Susu dan produk susu
Sejumlah penelitian telah menunjukkan hubungan positif antara konsumsi susu dan jerawat. Kehadiran hormon dan molekul bioaktif lainnya dalam susu diduga menjadi sebab mengapa susu dapat memperparah jerawat. Beberapa orang juga mengalami peradangan jerawat sebagai respon alergi terhadap protein susu.
3. Daging dan Produk Ayam
Ayam dan produk turunannya dapat merangsang perkembangan lesi jerawat karena hormon-hormon buatan yang digunakan untuk memacu pertumbuhannya.
Jika makanan tertentu tampaknya memperparah jerawat Anda, cobalah untuk menghindari makanan itu. Penting juga untuk diketahui bahwa mengkonsumsi makanan berminyak tidak membuat kulit jadi lebih berminyak, tetapi makan makanan itu dapat meninggalkan minyak di wajah, terutama di sekitar mulut. Minyak yang menempel dikulitlah yang dapat memperparah jerawat.

sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar