Ibu Hamil Minum Kopi, Boleh atau Berbahaya?

Bookmark and Share
Bila seorang ibu hamil minum kopi, ini boleh atau berbahaya? Dari banyak pendapat secara umum, ibu hamil disarankan untuk tidak minum kopi. Tetapi kemudian ini mulai berkembang menjadi pertentangan dengan mengemukakan bukti-bukti kalau minum kopi dalam batas tertentu akan aman untuk seorang wanita yang sedang mengandung.

Dengan paling banyak secangkir setiap hari, atau sebanyak 200 mg per hari, kopi masih aman untuk ibu hamil. Ini menurut sebuah penelitian oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology. Dan disebutkan juga, pada ibu hamil minum kopi lebih dari 200 mg tiap hari, akan beresiko dua kali lebih besar mengalami keguguran janin dalam kandungan dibandingkan dengan wanita sehat lain yang tidak minum kopi.

Selain itu, selain beresiko keguguran kandungan, kafein yang berlebihan pada tiap harinya akan menyebabkan pembuluh darah mengerut. Dan ini kemungkinan akan menyebabkan aliran darah yang menuju ke plasenta jadi berkurang dan mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Kafein bisa dengan mudah mencapai janin di dalam kandungan melalui aliran darah, dan ini akan langsung berpengaruh pada perkembangan janin yang sedang tumbuh.

Sedangkan pada sebuah penelitian lain di Denmark menyatakan, kafein yang berlebihan pada ibu dalam masa kehamilan akan menyebabkan naiknya resiko menjadi dua kali lebih besar, ibu tersebut melahirkan bayi dalam kondisi meninggal. Jumlah yang berlebihan di sini dalam ukuran delapan gelas kopi tiap hari atau lebih. Sementara beberapa penelitian lainnya, kopi yang diminum dalam masa kehamilan bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang lebih kecil. Jadi bisa disimpulkan, akan lebih baik bagi seorang ibu hamil untuk tidak minum kopi demi ibu dan bayi dalam kandungan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar