Cara Memperbaiki Cartridge Printer Inkjet

Bookmark and Share
Ahli Kompi - Cartridge pada printer inkjet bertugas mengatur keluarnya tinta dengan cara disemprotkan, tentu saja tinta akan disemprotkan ke kertas, sehingga membentuk hasil cetakan sesuai dengan perintah yang diberikan oleh rangkaian elektronik.

Bagian-bagian cartridge terdiri dari :
Rumah cartridge : sesuai namanya berfungsi untuk menempatkan cartridge. Pada rumah cartridge terdapat konektor yang berpasangan terhubung dengan chip cartridge (baca juga : Cara Service Motherboard/ Hardware Printer Inkjet )

Rumah Cartridge Epson
Rumah Cartridge Canon


Ink tank : tempat untuk menampung tinta pada cartridge
Ink Tank Epson

Chip : Rangkaian kecil elektronik pada cartridge, terdapat konektor yang dipasang terhubung dengan konektor pada rumah cartridge - Teknisi Komputer.


Head Cartridge : Tempat jalan keluarnya tinta, terdapat nozzle dengan lubang-lubang saluran tinta dengan diameter yang sangat kecil bahkan lebih kecil dari rambut manusia. Karena begitu kecilnya itulah yang menyebabkan terjadinya masalah pada cartridge, seperti : tersumbat, bocor, tergores, dll.

Head Epson

Untuk Cartridge Epson : pada umumnya antara head dan ink tank bisa dilepas (terpisah).
Untuk Cartridge Canon : pada umumnya antara head dan ink tank gabung menjadi satu, kecuali pada printer canon kelas high end pada Canon seri iP4970, iX6560, iP6550, MG5170, MG5270, MX886, dll.
Untuk Cartridge HP : pada umumnya antara head dan ink tank gabung menjadi satu.

Untuk gejala kerusakan dan cara service cartridge, sebagian besar sudah pernah kami bahas, mungkin ada sebagian penambahan/penyempurnaan/revisi dibeberapa bagian :

Cara service cartridge printer Canon / HP, bisa mengunjungi link dibawah berikut :
- Indikasi kerusakan pada cartridge Canon / HP klik DISINI
- Cara service cartridge Canon / HP klik DISINI
- Pencegahan / agar cartridge Canon / HP awet klik DISINI

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar