Cara Ampuh Atasi Bau Mulut

Bookmark and Share

 Jangan sampai kita kehilangan teman ngobrol akibat bau mulut. Masalah pada mulut ini memang sangat memalukan, akibatnya penderita masalah mulut ini sering merasa tidak percaya diri. Dalam istilah kedokteran gigi, bau mulut disebut dengan halitosis yaitu bau yang timbul akibat proses bakteri di dalam mulut. Kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan yang terdapat dalam bakteri inilah yang dapat menyebabkan  bau mulut. Selain itu, faktor-faktor yang dapat menimbulkan bau mulut antara lain:
1. Adanya penyakit jaringan pendukung gigi
2.Kurangnya aliran air ludah
3. Tambalan yang tidak tepat
4. Kumpulan bakteri yang berlebihan di lidah
5. Gigi tiruan yang tidak bersih
6. Sisa makanan yang terdapat di saku gusi
7. Adanya penyakit sistemik
8. Konsumsi obat tertentu
9. Gangguan pencernaan
Untuk menghindari timbulnya masalah bau mulut, disarankan untuk melakukan cara-cara berikut ini:
1. Menyikat gigi dengan teknik yang tepat dan optimal dengan pasta gigi yang mengandung fluor, serta melakukan penyikatan lidah dengan menggunakan alat pembersih lidah yang dapat menghilangkan bakteri..
2. Menggunakan agen antibakteri untuk rongga mulut, yaitu obat kumur klorheksidin (namun tidak boleh digunakan dalam waktu yang panjang secara terus-menerus).
3. Merangsang aliran air ludah dengan cara banyak makan buah yang berserat dan sayuran hijau, banyak mengkonsumsi air mineral, atau dapat menggunakan obat kumur baking soda. Mulut yang kering sangat rentan terhadap pertumbuhan bakteri. Dengan minum banyak air, mulut akan lembap dan air akan mencairkan konsentrasi bakteri volatile sulfur compounds (VSCs) di dalam mulut. Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang renyah juga dapat menjaga kebersihan mulut secara alami. Dengan mengunyah dapat menghilangkan partikel makanan dan plak yang menempel. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran juga dapat meningkatkan air liur sehingga rongga mulut tetap lembap.
4. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis diantara waktu makan utama, untuk mencegah terjadinya gigi berlubang yang dapat menimbulkan bau mulut.
5. Rutin melakukan pemeriksaan dan pembersihan karang gigi di Dokter Gigi.
6. Memperbaiki tambalan gigi yang tidak baik di Dokter Gigi.
7. Melakukan penambalan pada gigi yang berlubang.
8. Mengurangi kebiasaan buruk, misalnya merokok dan minum kopi. Kopi dapat meninggalkan zat yang dapat menghalangi oksigen di dalam rongga mulut Anda dan menciptakan lingkungan sempurna untuk pertumbuhan bakter.
9. Jika anda memiliki penyakit sistemik tertentu atau penyakit gangguan pencernaan, sebaiknya segera konsultasikan ke Dokter Spesialis yang berkompeten, untuk segera dilakukan perawatan.
10. Hindari makanan yang dapat merangsang timbulnya bau mulut seperti jengkol dan bawang. Jika memang ingin mengkonsumsi makanan tersebut sebaiknya segeralah berkumur setelah selesai makan, menyikat gigi dan lidah, atau dapat mengunyah permen karet xylitol untuk merangsang air ludah. Pilihan lainnya konsumsilah sayuran hijau, wortel, daun mint, roti tawar, atau minum teh hijau. Sehingga bau mulut akibat makanan tersebut dapat berkurang atau hilang.

Dari berbagai sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar