Tanaman langka paling populer di Indonesia

Bookmark and Share

1. Balam Suntai


undefined
Balam Suntai (Palaquium walsurifolium), Balam suntai adalah salah satu spesies tanaman langka asli Indonesia. Ini tanaman langka memiliki kayu berkualitas baik. Kelas daya tahan tanaman ini langka adalah kelas IV dan kelas kuat II. Jadi tidak mengherankan bahwa ini tanaman langka banyak dicari.

2. Bayur
Bayur (Pterospermum sp). Indonesia memiliki nama daerah tanaman langka Balang, wadang, walang, wayu. bayur adalah spesies tanaman langka yang memiliki kayu berkualitas baik.

3. Pohon ulin
Pohon Ulin (Eusiderxylon zwageri). Ini tanaman langka ini juga dikenal sebagai kayu besi. Tanaman ini memiliki khas Kalimantan 60-120 cm dan tinggi 20-30 m. Ini tanaman langka adalah salah satu komoditas kayu yang paling laku karena kayu kualitasnya.

4. Cendana
Cendana (Santalum album). Cendana atau cendana wangi, sebuah cendana tanaman langka memproduksi dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, dan sangkur keris (selubung). Cendana adalah tanaman parasit awal kehidupan. Hal ini membutuhkan kecambah tuan rumah pohon untuk mendukung pertumbuhannya, karena akar sendiri tidak dapat mendukung kehidupan. Karena ini merupakan prasyarat cendana sulit dikembangbiakkan atau dibudidayakan. Cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan sangat mahal. Cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Allah. Basis minyak kayu cendana, yang sangat mahal dalam bentuknya yang murni, digunakan terutama untuk penyembuhan cara Ayurveda, dan untuk mengurangi kecemasan.

5. Damar
Damar, Kopal Keruling (Agathis labillardieri). Ini tanaman langka dari Papua. Damar adalah spesies pohon potensial yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Ini tinggi tanaman langka bisa mencapai 60 m dan diameter 2 m.

6. Raflesia Arnoldi
Bunga Rafflesia hidup di Taman Nasional Bengkulu, memiliki diameter ukuran bunga yang hampir mencapai 1 meter. Bunga ini dikenal sebagai bunga bangkai karena mengeluarkan bau menyengat. Bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga-bunga yang digunakan untuk menarik lalat yang hinggap dan membantu penyerbukan. Raflesia Arnoldi adalah tanaman parasit yang memerlukan tuan rumah untuk hidupnya. Sekarang habitat Raflesia Arnoldi kondisi sangat memprihatinkan bahwa angka-angka menurun drastis dari tahun ke tahun. Menyusut habitat bunga tersebut di dalamnya akibat aktivitas manusia seperti pembukaan hutan untuk pertambangan, pertanian, dan permukiman.

7. Palm
Palm (Arenga pinnata). Palm (Arenga pinnata, suku Arecaceae) adalah yang paling penting setelah kelapa (sawit) karena merupakan tanaman serbaguna. Palma yang besar dan tinggi, bisa mencapai 25 m. Untuk 65 cm, batang substansial padat dan di bagian atas ditutupi dengan serat hitam dikenal sebagai serat, injuk, membujuk atau benjolan. Ijuk sebenarnya bagian dari pelepah daun sekitar batang. Pohon-pohon palem menghasilkan banyak hal, yang membuatnya populer sebagai tanaman serbaguna, terutama sebagai penghasil gula.

8. Nimba
undefined
Nimba (Azadirachta indica). Ini tanaman langka memiliki nama lain atau Mimbo mimba. Ini tanaman langka adalah pohon batang (Arbor) tinggi dapat mencapai 20 m atau lebih. Kulit tebal, batang kasar sedikit, daun bahkan menyirip, dan berbentuk oval dengan tepi bergerigi dan tajam, sementara buah adalah buah batu dengan panjang 1 cm. Neem buah diproduksi dalam satu sampai dua kali setahun, berbentuk oval, ketika buah kuning matang, biji ditutupi dengan kulit keras dan kulit cokelat menempel di bagian dalam buah berwarna putih. Tanaman ini dapat digunakan sebagai tanaman pestisida. Karena daun mimba mengandung senyawa yang dapat mengendalikan hama tanaman, seperti sitosterol, hyperoside, nimbolide, quercetin, quercitrin, rutin, Azadirachtin, dan nimbine.

9. Tembesu

Tembesu (Fagraea fragrans) termasuk ke dalam Loganiaceae keluarga. Daerah distribusi Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa Barat, Maluku dan Irian Jaya. Tempat tumbuh di tanah datar dan sarang atau tempat yang tidak berlumpur, tanah liat berpasir, dengan curah hujan tipe A B ke pada ketinggian 000-500 dpl.

Tinggi pohon tembesu mencapai 40 m, dengan panjang batang bebas cabang hingga 25 m, diameter 80 cm atau lebih, dengan batang yang tegak lurus dan tidak berbanir. Kulit luar coklat sampai hitam, dan sedikit beralur dangkal mengelupas. Kayu adalah drive tua kuning keemasan atau oranye coklat, dan milik yang tahan kelas.


10. Jelutung
Jelutung atau Jelutong (Dyera costulata, syn D. laxiflora.) Adalah spesies pohon oleander subfamilia. Pohon ini dapat tumbuh hingga 60 meter dengan diameter dengan 2 kaki. Pohon ini tumbuh di Semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatera dan Thailand selatan.

sumberhttp://greenclever.blogspot.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar