POLRI-Polri Terus Kejar Pelaku Lain Aksi Teror di Solo

Bookmark and Share

Oleh: Sumitro
Senin, 3 September 2012, 12:35 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Polri terus melakukan penyelidikan terhadap pihak-pihak lain yang diduga ikut terlibat dalam aksi teror di Solo, Jawa Tengah. Saat ini Polri masih melakukan pemeriksaan terhadap satu jenazah pelaku yang meninggal dunia di tempat kejadian perkara.

Karo Penmas Polri Kombes Boy Rafli Amar mengatakan, pihaknya terus dengan mencari keterlibatan pihak-pihak lain yang diduga ikut dengan aksi ketiga pelaku teroris tersebut, berdasarkan keterangan dari Bayu, salah seorang terduga pelaku teror yang ditangkap di Karanganyar, Jawa Tengah.

"Sementara dari pemeriksaan Bayu memang terlihat dalam proses kegiatan ini, dia terlibat proses perencanaan jadi ada upaya penentuan itu tanggal 17 dikaitkan bersamaan dengan hari proklamasi," ucap Boy di Gedung DPR, Senin (3/9/2012).

Ia melanjutkan, pemilihan tanggal tersebut, sudah direncanakan oleh Bayu. Bahkan, Bayu yang kemudian meminta tolong untuk menukar plat nomor kendaraan yang mau dipakainya dalam melakukan aksinya di tiga tempat. Tiga lokasi ini direncanakan dieksekusi secara bergantian pasangannya.

"Dalam eksekutor utamanya tergambar dari pemeriksaan Bayu adalah sepasang dengan Farhan. Namun pasangannya memang berganti-ganti. Karena setiap melakukan aksinya itu ada yang bertindak sebagai eksekutor ada yang melakukan pengamatan dan membantu memback up. "Kita berharap dari keterangan Bayu ini ada hal-hal yang lebih bagus lagi untuk kita kembangkan lebih lanjut," jelasnya.

Selain itu, pihak kepolisian juga masih melakukan pemeriksaan DNA terhadap satu pelaku teror yang tewas dalam penyergapan di Solo, pada Jumat (31/8/2012) lalu. "Itu dilakukan pemeriksaan DNA. Kita juga masih menunggu satu lagi atas nama Muksin, itu yang masih belum kita peroleh," ucapnya.

Boy mengatakan, setelah mendapatkan proses pemeriksaan hasil DNA, jenazah yang saat ini masih di Rumah Sakit Polri Kramat Jati selanjutnya akan diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.[bay]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar