POLRI-Diduga OPM, Polisi Tangkap 22 Warga Sipil

Bookmark and Share

Oleh:
Senin, 3 September 2012, 09:08 WIB

INILAH.COM, Jayapura - Tim gabungan Polda Papua dan Polresta Jayapura menangkap 22 warga sipil yang diduga anggota kelompok Dani Kogoya, Organisasi Papua Merdeka (OPM), Minggu (2/9/2012) sekitar pukul 23.30 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Yohannes Nugroho mengungkapkan, 22 warga itu ditangkap di kawasan BTN Puskopad Kamkey Abepura yang selama ini diduga menjadi tempat persembunyian kelompok tersebut.

Dari 22 warga sipil terdapat empat orang di antaranya masuk dalam daftar daftar pencarian orang (DPO), yakni Nabi Jikwa, Krema Jikwa, Lambertus Siep dan Tandius Kogoya.

Dari keempat orang yang masuk dalam DPO itu, satu orang di antaranya berstatus sebagai mahasiwa Unima, yakni Lambertus Siep (23) yang bertugas sebagai informan bagi media TPN/OPM.

"Selain menggamankan 22 warga sipil, tim juga mengamankan puluhan anak panah dengan tiga busur serta tiga buah parang," kata Yohannes di Papua.

Kelompok Dani Kogoya diduga menjadi pelaku sejumlah aksi penembakan terutama di sekitar perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) khususnya di ruas jalan yang melintasi kawasan Kampung Nafri 1 Agustus 2011 yang menewaskan satu anggota TNI dan dua warga sipil.

Selain itu Dani Kogoya juga diduga terlibat dalam aksi penembakan terhadap WN Jerman Pieter Dietmer di pantai Base G, tgl 29 Mei 2012 lalu, bersama Mako Tabuni, serta penembakan dan pembakaran mobil di kawasan tempat pemakaman umum (TPU) Waena, Kodya Jayapura. [ant/yeh]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar