Penyebab Infertilitas Pada Pria (Kemandulan)

Bookmark and Share

 Masalah fertilitas atau ketidaksuburan buka selalu menjadi masalah kaum hawa saja. Fakta membuktikan bahwa fertilitas atau ketidaksuburan pada pria semakin meningkat.
Menurut data terkini hampir 50% kasus pasangan mandul disebabkan oleh karenafactor suami.  Tentu saja data ini sudah cukup membuktikan bahwa kemandulan pada pria membutuhkan perhatian khusus.  Pelebaran pembuluh darah vena dikantong testis menjadi salah satu penyebab utama gangguan kesuburan pada pria. Aliran darah tidak lancer sehingga menumpuk di area skotrum (kantong testis). Kumpulan darah ini meningkatkan suhu disekitar testis yang bisa berdampak pada proses pembentukan spermatozoa.
Spermatozoa adalah bibit yang terkandung pada sperma laki-laki. Pelebaran darah vena dikantong testis itulah yang beresiko mengalami kemandulan karena berdampak pada kelainan spermatozoa. Kelainan spermatozoa dapat berupa kelainan jumlah, gerakan, atau bentuk spermatozoa. Pada sebagian orang, jumlah spermatozoa itu sangat sedikit dan sudah rusak sehingga mengalami kemandulan.
Berikut penyebab seorang laki-laki mengalami kemandulan:
Varikokel
Merupakan penyebab utama kemandulan pada laki-laki. Varikokel disebabkan oleh karena melebarnya pembuluh darah vena pada saluran sperma testis.  Pelebaran ini menyebabkan gangguan sirkulasi darah testis dan menghangatkan suhu testis.
Gejala varikokel hampir tidak dirasakan atau disadari oleh penderitanya. Beberapa penderita hanya merasakan ketidaknyamanan pada testis. Varikokel baru bisa dipastikan dengan pemeriksaan langsung oleh dokter  melalui perabaan atau penyinaran.
Merokok
Riset membuktikan bahwa pada pria perokok kualitas dan kuantitas spermanya sangat rendah. Pada analisis sperma yang dilakukan, jumlah sperma yang dihasilkan sangat sedikit dan pergerakannya sangat lambat.
Olahraga yang salah
Olahraga memang sangat baik untuk kesuburan pria asal olahraga itu dilakukan dengan benar. Tetapi sangat disayangkan olahragawan mengabaikan kesehatan testis dalam berolahraga. Penggunaan celana dalam yang terlalu ketat dan terlalu lama berolahraga menggunakan sepeda. Kedua hal ini akan menyebabkan gangguan sirkulasi panas pada testis  sehingga menyebabkan gangguan pada kinerja testis.
Stress
Stress yang sering datang juga menjadi salah satu penyebab dalam masalah kemandulan. Stress akan menyebabkan gangguan metabolisme tubuh yang akan berpengaruh pada seluruh organ tubuh termasuk testis.

sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar