Penyakit Batu Ginjal

Bookmark and Share

 Apa itu batu ginjal? Batu ginjal adalah mineral yang keras dan material dari Kristal yang terbentuk di dalam ginjal atau pun di dalam kandung kemih. Jika ginjal kekurangan cairan dalam proses pengeluaran maka akan terjadi kekeruhan sehingga lama-kelamaan akan mengkristal dan mengerak dalam saluran maupun dalam kandung kemih oleh sebab itu batu ginjal bisa terbentuk. Endapan itu terjadi karena pekatnya kandungan kadar garam pada air seni dalam ginjal. Jika batu-batu tersebut turun dari ginjal bersama air kemih ke ureter maka disebut batu ureter. Sedangkan bila batu-batu itu turun lagi dan bersarang dalam kandung kemih maka di sebut batu kandung kemih.
Menurut para tim medis batu ginjal atau pun batu kandung kemih sering sekali di alami oleh kalangan pria dari pada kalangan wanita dan dari hasil perbandingan pria dan wanita yang mengalami batu ginjal 3:1 umumnya, pria yang berusia produktif kisaran 20-50 tahun. Hanya sebagian kecil batu ginjal yang menyerang anak-anak.
Ada beberapa factor yang bisa terkena penyakit batu ginjal. Antara lain adalah :
Factor Genetik atau Bawaan
Ada orang-orang tertentu memiliki kelain pada organ ginjal sejak kecil, meskipun kasusnya relatif sedikit. Anak yang sejak kecil mengalami gangguan metabolisme khususnya pada organ ginjal, yaitu seninya memiliki kecenderungan mudah menyendap garam karena ginjalnya tidak bekerja dengan baik sehingga mudah terbentuk batu ginjal.
Factor Makanan
Makanan yang banyak mengandung zat kimia yang berefek pengendapan air kemih, contohnya makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti fosfat dan oksalat. Kedua bahan tersebut mudah mengenpan dalam ginjal sehingga mudah terbentuk batu ginjal. Ada lagi makanan yang mengandung kadar asam uratnya tinggi dan kurang mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak bisa menimbulkan pengendapan dalam kandung kemih yang berefek terbentuk batu. Selain makanan dan minuman, suplemen juga ikut dalam pembentukan batu ginjal misalnya anda kekurangan vitamin A atau anda terlalu banyak mengkonsumsi vitamin D akan sangat mudah terserang penyakit batu ginjal.
Factor Aktifitas
Jika aktifitas anda hanya duduk maupun bekerja yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk akan mudah terserang batu ginjal dari orang yang banyak bergerak atau berdiri misalnya berolahraga dan lain sebagainya. Dan orang yang kurang berolahraga juga sangat bisa terserang batu ginjal karena peredaran rendah sehingga aliran air seni dalam saluran kandung kemih kurang bekerja maksimal. Bukan hanya terserang batu ginjal anda juga bisa terkena penyakit lainnya bila kurang bergerak atau kurang berolahraga.
dari kontributor (anonym)


sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar