OTOMOTIF-Porsche Macan Pasti Masuk Indonesia

Bookmark and Share

Syubhan Akib - detikOtomotif
FOTO: Porsche Macan
Jakarta - Belum juga diproduksi, SUV Porsche Macan telah banyak mengundang rasa penasaran. Termasuk konsumen Porsche yang ada di Indonesia. Porsche pun menegaskan akan segera memasukkan mobil ini ke Indonesia sesaat setelah diproduksi nanti.

Mobil yang mengambil nama dari bahasa Indonesia tersebut menurut rencana akan diproduksi di pabrik Porsche di Leipzig, Saxony, Jerman mulai 2013 mendatang.

"Pasti kita masukkan. Setelah diproduksi tahun depan pasti kita usahakan secepatnya ada di Indonesia," kata Vice President Sales & Marketing PT Eurokars Artha Utama Yudhi W. Widodo di Jakarta, Senin (3/9/2012)

lebih lanjut Yudhi mengakui kalau sudah banyak konsumen Indonesia yang bertanya terkait mobil tersebut. Hanya saja, meski banyak peminat, Yudhi mengakui pihaknya belum membuka keran inden. "Belum kita buka. Masak kita ngedahuluin Jerman. Tapi pasti masuk sini," lugasnya.

Untuk dapur pacunya, meski Porsche belum secara resmi mengumumkan mesin apa yang akan mengisi balik bonnet mobil ini, banyak pihak berspekulasi terkait mesin yang akan digendongnya.

Salah satunya adalah kemungkinan ada mesin turbocharged berkapasitas 3.0 liter yang memiliki konfigurasi V6 yang mampu melahirkan tenaga hingga 345 bhp.

Mesin ini kemudian akan dikawinkan dengan gearbox PDK 7-speed ke 4 kakinya yang mampu membawa Macan berakselerasi kurang dari 5 detik untuk mencapai angka 100 km/jam.

Namun begitu, Porsche kemungkinan juga akan menaruh mesin boxer baru berkapasitas 2.4 liter berkekuatan 240 hp bagi mereka yang ingin 'mobil irit'.

Seperti halnya Cayenne, Macan kemungkinan juga akan memiliki versi hybrid yang memadukan mesin diesel dengan motor listrik. Mesin dieselnya kemungkinan adalah mesin TFSI 2.0 liter yang digunakan Audi A8 Hybrid.

Untuk pabriknya sendiri, saat ini pabrik tersebut tengah dipersiapkan, dan tengah memasuki proses pembangunan body assembly line dan paint shop dengan nilai investasi 500 juta euro dan merupakan salah satu proyek terbesar dalam sejarah Porsche. Dalam jangka menengah, Porsche berharap bisa menciptakan 1.000 lapangan kerja baru.

Nantinya, bisa jadi Macan akan menjadi tulang punggung Porsche di dunia dan menjadi penerus kesuksesan sang kakak yakni Cayenne. Apalagi hal itu memang sudah diakui sendiri oleh Porsche.

Terlebih nama Macan dipilih karena memiliki unsur kelenturan, kekuatan, daya tarik dan dinamika yang merupakan inti dari mobil terbarunya itu.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar