OLAH RAGA-Inilah 3 Kendala Evan di Barcelona

Bookmark and Share

Kamis, 30 Agustus 2012 00:54:28 WIB
Reporter : M. Syafaruddin

Surabaya (beritajatim.com) - Wonderkid Surabaya, Evan Dimas gagal menembus gagal fase 16 besar dalam ajang pencarian bakat bertajuk Nike 'The Chance' yang diadakan di Barcelona. Selama kurang lebih 10 hari, Evan akhirnya tiba di Surabaya, Senin (27/8/2012) lalu.

Kepada beritajatim.com, Evan mengungkapkan beberapa kendala yang ia temui selama bersaing dengan 99 pesepakbola muda lainnya dari 55 negara di dunia, termasuk Indonesia. Tercatat, terdapat tiga kendala yang dihadapi pemuda asal Kampung Ngemplak, Surabaya ini.

Kendala yang pertama adalah cuaca. Sebagai warna negara Indonesia yang biasa hidup di bawah garis khatulistiwa, Evan nampak kaget dengan kondisi cuaca di Spanyol. "Di sana sebenarnya juga panas. Tapi panasnya itu tak membuat berkeringat," katanya polos.

Kendala yang kedua adalah makanan. Meski sudah mempersiapkan diri sebelum keberangkatan dengan memakan roti setiap hari, toh ternyata makanan yang disajikan di camp sangat asing di lidah pemain yang masih berusia 17 tahun itu. "Saya kan cari nasi, soalnya tidak suka sayur. Padahal orang sana makannya sayur terus," sambungnya.

Kendala terakhir adalah yang terberat yang ia rasakan. Kendala itu adalah masalah komunikasi. Sekali lagi, meski sudah mengantisipasi dengan mendatangkan guru les Bahasa Inggris, toh Evan masih kesulitan untuk berkomunikasi dengan rekannya, plus mentor yang sudah disiapkan pihak Nike.

"Saya disana kan sendiri. Saya tidak bisa Bahasa Inggris, jadi nggak bisa ngomong. Apalagi di latihan tidak ada translate, melakukan apapun jadi takut salah, ya mau gimana lagi," sesalnya.

Meski gagal, Evan mengaku mendapat banyak hikmah dan pelajaran sepulang dari Barcelona. Ia mulai sadar betapa pentingnya arti sekolah. Ia pun menyesal karena sering menomorduakan sekolah dan lebih memilih sepakbola. "Makanya itu saya sadar kalau sekolah itu penting," pungkasnya. [sya/but]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar