KAB.TUBAN-Sep 7th, 2012-40 Polisi Amankan Ritual Sedekah Bumi Kwan Sing Bio

Bookmark and Share

Penulis: Hanafi
JENU
seputartuban.com – Sedikitnya 40 Personil Sabhara Polres Tuban disiagakan untuk mengamankan jalannya ritual rebutan tumpeng dan sembako,  yang dibagikan pihak Klenteng Kwan Sing Bio, Jumat (08/09/2012).
Ritual tahunan yang digelar di  Klenteng terbesar se-Asia Tenggara itu dalam ritual sembahyang untuk arwah leluhur yang dilanjutkan dengan pembagian sesaji itu dijaga ketat aparat kepolisian, agar ritual rebutan tumpeng tersebut berjalan aman dan tidak terjadi kericuhan.
Sedikitnya 40 anggota Sabhara yang terdiri dari 20 anggota Polres Tuban, 10 anggota Polsek Kota dan 10 anggota Polsek Jenu, yang disiagakan dalam pengamanan ritual sedekah bumi klenteng Kwan Sing Bio Tuban tersebut.
Selain dari Polres Tuban, turut juga anggota Koramil Kota dan Linmas Kelurahan Latsari ikut membantu pengamanan jalannya prosesi berebut sesaji yang didatangi ratusan warga sekitar klenteng tersebut. Kasat Sabhara, Polres Tuban, AKP Yani Susilo saat dikonfirmasi seputartuban.com, menjelaskan bahwa dalam ritual prosesi sembahyang yang dilaksanakan Klenteng Kwan Sing Bio ini biasanya rawan terjadi kericuhan.
Banyaknya warga yang datang untuk saling desakan berebut sesaji membuat pengaman harus ketat.
Karena yang datang tidak hanya orang dewasa, anak kecil bahkan siswa sekolah juga turut meramaikan acara rebutan tersebut.
“Saya turunkan 40 anggota, untuk mengantisipasi adanya kerawanan dalam acara ini, karena tahun lalu banyak yang datang, yang penting tertib dan aman,” ungkapnya.
Foto : Polisi saat menertibkan warga yang berebut paket sembako

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar