KAB.TUBAN-Sep 20th, 2012-Stok Menipis, Golongan Darah AB Kosong

Bookmark and Share

Penulis : Hanafi
TUBAN
seputartuban.com – Dalam tahun 2011 sebanyak 174 bayi meninggal saat persalinan. Adapun penyebab kematian ini diantaranya karena berat badan lahir rendah, gizi buruk pada ibu, dan saluran nafas  serta sesak nafas. Dari data tersebut terdapat penyebab kematian karena pendarahan ibu sebesar 28 %, Infeksi sebesar 11%. Sementara akibat Eklampsia sejumlah 24% dan Partus Macet/lama sejumlah 5%.
Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Tuban, Saiful Hadi, saat dikonfirmasi seputartuban.com, Kamis (20/09/2012) menjelaskan bahwa, kematian bayi saat dilahirkan ini disebabkan beberapa aspek. Namun pihaknya juga sudah melakukan sejumlah upaya penanggulanganya.
Seperti pelayanan persalinan darurat, pencegahan infeksi, magnesium sulfat dan penambahan tenaga kesehatan terampil.”Pencegahan karena kematian bayi saat persalinan itu banyak aspek, seperti infeksi tetanus, komplikasi prematur dan lainnya, pendarahan ibu yang paling banyak, ” ungkapnya.
Selain adanya faktor dari ibu hamil, faktor dari bayi yang mempengaruhi kematianya diantaranya Malnutrisi sebesar 54%.  Penyebab lain karena Ari/ Pneumonia sebesar 23%, diare sebesar 13%. “Penanggulangan kami mulai gizi esensial, oral atau cara hidup sehat, sehingga bisa dicegah seminimal mungkin, ” pungkasnya.
Foto : Ilustrasi

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar