KAB.TUBAN-Sep 18th, 2012-Penyaluran BBM Tuban Dan Sekitarnya Dalam Kondisi Aman

Bookmark and Share

seputartuban.com – Pasca pemberitaan demo di TTU Pertamina Jenu, Selasa (18/09/2012) redaksi seputartuban.com mendapatkan kiriman release dari Rustam Aji Asst. Customer Relation, External Relation PT Pertamina (Persero) – Fuel Retail Marketing Region V yang isinya sebagaimana berikut.
Terkait adanya aksi unjuk rasa masyarakat di sekitar Terminal BBM Tuban Selasa (18/09/2012) ini, penyaluran BBM di wilayah tersebut tetap dapat dilaksanakan dengan baik. Sebanyak 500 kilo liter (KL) BBM yang rencananya akan dikirimkan ke SPBU melalui Terminal BBM Tuban hari Selasa ini, telah ditarik penyalurannya menjadi Senin (17/08) malam kemarin.
Sedangkan pada Selasa, dari Terminal BBM Tuban pada pagi hari telah disalurkan 976 KL Premium dan Solar ke SPBU. Untuk antisipasi aksi warga yang menutup pintu terminal BBM, sebagian SPBU dialihkan suplainya dari Terminal BBM Surabaya Group. Dengan total volume sebesar 632 KL. Pada kondisi normal, Terminal BBM Tuban rata-rata menyalurkan 2.100 KL BBM, terdiri dari 1.000 KL Premium dan 1.100 KL Solar.
Dalam operasinya, Pertamina selalu menerapkan SOP (Standard Operating Procedure) yang berlaku, dengan memperhatikan aspek HSE (Health, Safety, & Environment/Keselamatan & Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan). Jika memang terbukti terjadi kesalahan prosedur dalam operasional, apalagi hingga menyebabkan korban, Pertamina tentu akan bertanggung jawab dan melakukan evaluasi.
Stok BBM di Terminal BBM Tuban, selasa pagi ini dalam jumlah yang aman, yaitu sebesar 98.700 KL Premium dan 126.500 KL Solar. Direncanakan akan masuk tanker yang membawa Premium import sebesar 79.500 KL Premium. Selain menyupai wilayah Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro, Terminal BBM Tuban juga menyuplai sebagian wilayah Jawa Timur, melalui jalur pipa sepanjang 140 km menuju Terminal BBM Surabaya Group di Perak.
Terkait tuntutan sebagian warga mengenai program sosial di sekitar Terminal BBM Tuban, Pertamina merupakan salah satu BUMN yang sangat aktif dalam kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). CSR Pertamina difokuskan di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan infrastruktur.
Khusus di Ring I Terminal BBM Tuban, dalam 2 tahun terakhir telah disalurkan lebih dari 360 juta rupiah melalui program CSR. Kegiatan CSR tersebut antara lain bantuan pembangunan laboratorium komputer dan pagar sekolah di SMPN 2 Jenu. Pertamina juga memiliki program pemberdayaan masyarakat dalam pembuatan kerajinan kulit jagung untuk warga sekitar Terminal BBM Tuban. Selain itu, di bidang lingkungan Pertamina juga melaksanakan program penghijauan berupa penanaman pohon di sekitar area terminal BBM.
Selain melalui program CSR, Pertamina juga telah menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp. 400 juta melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Program tersebut antara lain berupa bantuan pembelian bibit jagung, pupuk, dan obat-obatan tanaman untuk kelompok tani di sekitar Terminal BBM Tuban. Selain itu, dalam bidang infrastruktur, Pertamina membantu renovasi sekolah di SDN Beji II, SDN 1 Remen, dan SDN 2 Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.
Foto : Warga saat menggelar aksi blokir jalan

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar