KAB.TUBAN-Sep 18th, 2012-Pelantikan PPDI, Tuban Masih Kekurangan Darah

Bookmark and Share

Penulis : Pito Suwarsono
TUBAN
seputartuban.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI), Pengurus Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PPDI) cabang Tuban, dilantik oleh pengurus PPDI Jawa Timur, di gedung pertemuan kantor PMI Cabang Tuban, di Jl Pramuka, senin (17/092012).
Selaku penggiat donor darah, PPDI mempunyai peranan penting yang dibutuhkan PMI, untuk mengajak masyarakat luas, agar selalu mendonorkan darahnya kepada warga yang membutuhkan darah.
Untuk itu, pengurus PPDI Jatim melantik pengurus PPDI cabang Tuban, yang ditandai dengan penyerahan bendera PPDI yang diserahkan oleh Arnold Susanto, perwakilan PPDI Jatim, kepada Karmani, ketua PPDI Cabang Tuban. Untuk mengefektifkan gerakan donor darah di Tuban, untuk itu rencananya PMI cabang akan membuka unit PMI ditiap-tiap Kecamatan se-Kabupaten Tuban.
Ketua PMI Cabang Tuban, Saiful Hadi kepada seputartuban.com mengatakan bahwa kebutuhan darah di Tuban saat mencapai 600 hingga 700 kantong darah sebulan. Sedangkan pendonor darah saat ini sebulan hanya mencapai 400 hingga 500 pendonor. Itu artinya Tuban masih membutuhkan pendonor darah yang lebih banyak lagi, karena stoknya masih kurang. “Saat ini ada lebih dari 600 kantong darah yang dibutuhkan, sedangkan pendonornya kurang,” ucapnya seusai pelantikan.
Lebih lanjut Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Tuban ini menambahkan, untuk mengajak masyarakat agar selalu mendonorkan darahnya. Dia berharap dengan lahirnya PPDI di Tuban dengan jumlah anggota 2.500 pendonor, akan memenuhi kebutuhan darah di Tuban selama sebulan.
Rencananya pihaknya akan segera menggalakkan di tiap-tiap Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Pemkab Tuban, untuk bergiliran selalu mendonorkan darahnya. Untuk menutupi kekurangan kebutuhan darah di Tuban. “Rencananya SKPD juga secara bergilir akan mendonorkan darahnya,” imbuhnya.
Foto : Prosesi pelantikan PPDI Cabang Tuban

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar