KAB.TUBAN-17 September 2012-Stok Darah di Tuban Menipis

Bookmark and Share


 
Senin, 17 September 2012 16:58:23 WIB Reporter : M Muthohar


Tuban (beritajatim.com) - Stok darah yang ada di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban menipis.  Akibat kekurangan tersebut semua elemen masyarakat termasuk para PNS dianjurkan untuk ikut melakukan donor darah.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Saiful Hadi, selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, ia menyatakan bahwa permintaan kebutuhan darah di Tuban ini pada setiap bulannya mencapai 800 hingga 900 kantong darah. "Untuk stok setiap bulannya rata-rata hanya 700 kantong darah, sedangkan permintaannya lebih dari itu jadi ini masih mengalami kekurangan," terang Saiful Hadi, saat memberikan sambutan dalam acara HUT PMI yang ke 67 di kantor PMI jalan Pramuka, Tuban, Senin (17/09/2012).

Dari data yang ada untuk pendonor darah aktif di Kabupaten Tuban ini jumlahnya baru mencapai 2500 pendonor aktif, sehingga dengan jumlah tersebut belum bisa mencukupi kebutuhan darah yang rata-rata mencapai 900 kantong darah setiap bulannya. "Kita akan terus memelihara para pendonor darah aktif yang sudah ada, selain itu kita juga akan mengajak dan menggalang semua pihak untuk ikut melakukan donor termasuk setiap SKPD untuk ikut donor secara bergantian, supaya kebutuhan bisa terpenuhi," sambung Saiful.

Ia menegaskan bahwa kebutuhan darah tersebut akan mengalami kekurangan pada bulan puasa, pasalnya banyak para pendonor aktif yang muslim yang ikut berpuasa dan tidak melakukan donor. Sedangkan selama ini permintaan darah terbanyak adalah darah golongan O dan golongan A.[mut/ted]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar