KAB.TUBAN-16 September 2012-Kekeringan, Warga Tuban Berburu Air Bersih

Bookmark and Share

Minggu, 16 September 2012 15:22:55 WIB
Reporter : M Muthohar

Tuban (beritajatim.com) - Kemarau panjang membuat kekeringan semakin meluas di wilayah Kabupaten Tuban, hampir semua kecamatan yang ada di bumi Ranggalame itu mengalami kekeringan setelah sejumlah sungai dan sumur-sumur warga mulai mengering.

Dari pantuan beritajatim.com di lapangan Minggu (16/09/2012), akibat mengalami kekeringan tersebut sejumlah warga dari Desa Tanggulangin, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban harus rela berburu air disiang bolong di sumber yang masih mengeluarkan untuk mendapatkan air bersih.

Para warga di desa tersebut harus berburu air untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak dan lain sebagainya itu harus berjalan hingga berjarak lebih dari 3 kilometer, pasalnya hanya ada satu sumber air di Desa Tanggulangin itu yang masih mengeluarkan air. "Sumber air di lokasi yang jaraknya sekitar tiga kilometer itu satu-satunya yang paling dekat lokasinya. Jadi, warga harus kesana untuk mendapatkan air bersih," terang Kuryadi, salah satu warga yang berburu air itu.

Warga mengaku harus rela mengambil air disiang bolong dengan sengatan sinar matahari yang sangat panas untuk mendapatkan 3 jurigen air bersih, pasalnya jika waktu pagi dan sore banyak warga yang mengatri. "Rata-rata, warga lain mengambil air pada pagi dan sore, makanya banyak yang antri. Sedangkan ini pancuran sumber air hanya satu dan harus bergantian, jadi kita harus siang-siang gini supaya tidak antri," lanjut Kuryadi.

Untuk mendapatkan air bersih warga membawa tiga jurigen besar yang diangkut dengan sepeda motor dan juga sebagain sepeda angin untuk memenuhi kebutuhan air bersih dari sumur tersebut. Selain di Kecamatan Motong itu, kekeringan juga sudah dialami oleh warga di wilayah Kecamatan Soko, Semanding, Grabakan, Kerek, Rengel, Senori dan sejumlah kecamatan lainnya di Kabupaten Tuban.[mut/ted]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar