KAB.TUBAN-12 September 2012-Menhut Tanam Pohon di Lahan PT Semen Gresik

Bookmark and Share

Rabu, 12 September 2012 14:21:37 WIB
Reporter : M Muthohar

Tuban (beritajatim.com) - Realisasi penanaman 1 miliar pohon setiap tahun, Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan melakukan penanaman pohon di lahan milik penghijuan milik PT Semen Gresik yang ada di Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Rabu (12/09/2012).

Pantauan beritajatim.com, kegiatan penanaman pohon yang dihadiri oleh Menteri Kehutanan tersebut dilakukan oleh PT Semen Gresik dalam menjaga kelestarian lingkungan hutan di kawasan hutan Kabupaten Tuban yang merupakan lahan bekas tambang yang telah dipinjam oleh PT Semen Gresik.

Dalam kegiatan tersebut PT Semen Gresik berkomitmen untuk menjaga kelestarian hutan dengan dituangkan dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Dirut PT Semen Gresik, Dwi Soetjipto, yang langsung disaksikan oleh Menteri Kehutanan.

Nota Kesepahaman antara pihak PT Semen Gresik dengan Perhutani tersebut meliputi pelestarian lingkungan di lahan bekas pakai yang terletak di kawasan hutan Kabupaten Tuban dan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hal itu dengan melibatkan masyarakat sekitar hutan yang tegabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Dalam kegiatan tersebut PT Semen Gresik juga membagikan sebanyak 100 ribu pohon Mangrove dan Cemara kepada pengelola Mangrove center di Kabupaten Tuban supaya untuk ditanam di pesisir pantai Tuban.

Sementara itu, dalam acara penanaman pohon untuk kelestarian lingkungan tersebut Menteri Kehutanan berharap untuk melakukan penghujauan jangan hanya melakukan penanaman saja, namun juga harus dilakukan perawatan selanjutnya supaya tanaman tidak mati.

"Jangan biarkan ada lahan yg kosong, maka tanamilah dengan apa saja dan harus dilakukan perawatan, untuk kepentingan jangka panjangnya. Saya berharap wilayah di Jawa Timur ini selain ekonominya terus tumbuh, lingkungan juga hijau," terang Zulkifli Hasan, sebagai Menteri Kuhatanan, saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Selain penanaman pohon dalam kegiatan penandatangan Nota Kesepahaman untuk menjaga kelestarian hutan itu juga dilakukan pelepasan berbagai jenis burung untuk tetap menjaga keseimbangan ekosistem.[mut/ted]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar