KAB.TUBAN-07 September 2012-Ratusan Warga Antre Beras Sedekah Kelenteng Kwan Sing Bio

Bookmark and Share

Jum'at, 07 September 2012 15:30:22 WIB
Reporter : M Muthohar

Tuban (beritajatim.com)--Ratusan warga yang tinggal di sekitar TITD Klenteng Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban rebutan paket beras yang dibagikan gratis oleh kelenteng tersebut. Untuk mendapatkan beras, warga harus rela mengantre, Jumat (07/09/2012).

Dari pantauan beritajatim.com di lapangan, sejak pagi hari ratusan warga Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota, Kabupaten Tuban sudah nampak memadati halaman kelenteng terbesar di Indonesia tersebut.

Mereka menunggu ritual sedekah bumi yang dilakukan oleh pihak kelenteng itu. Dalam ritual tahunan itu, pihak kelenteng melakukan ritual rebutan bunceng atau bungkusan yang berisikan makanan berupa nasi dan sembako.

Adapun untuk bunceng tersebut baru dibagikan setelah upacara sembahyang yang dilakukan oleh umat Tri Dharma di kelenteng tersebut. Setelah upacara, ratusan warga yang sudah menunggu sejak pagi langsung menyerbu sebanyak 1200 bungkus paketan sedekah yang disediakan panitia.

Sementara itu, setelah mereka berebut paketan yang berisi nasi, ratusan warga yang sudah berkumpul itu kembali mengantre untuk mendapatkan paket beras gratis yang dibagikan kelenteng. Mereka saling adu cepat takut tidak kebagian beras yang dibagikan.

"Dalam upacara sedekah bumi ini, kita juga menyedikan paket beras gratis untuk para warga yang tinggal di sekitar kelenteng. Kita telah sediakan sebanyak 2 ton beras yang akan kita bagikan," terang Gunawan, Ketua Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban.

Dalam sekali antrean, setiap warga mendapatkan 2 paket beras yang masing-masing berisikan setengah kilogram beras. Sejumlah warga mengajak anak-anak mereka untuk ikut mengantre pembagian beras itu supaya mendapatkan bagian yang lebih banyak. [air/mut]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar