KAB.TUBAN-05 September 2012-Polres Tuban Gerebek Tiga Pabrik Ikan Asin Berformalin

Bookmark and Share

Rabu, 05 September 2012 14:22:12 WIB
Reporter : M Muthohar

Tuban (beritajatim.com)--Sebanyak 3 pabrik pengeringan ikan asin yang ada di Desa Glodok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban digerebek oleh petugas Polres Tuban, Rabu (5/9/2012). Pasalnya, 3 pabrik itu terbukti menggunakan bahan pengawet formalin untuk mengawetkan ikan asin.

Terbongkarnya pabrik pengeringan ikan asin yang menggunakan bahan berbaya berupa formalin sebagai bahan pengawet tersebut, berawal saat petugas Polres Tuban mendapatkan informasi warga masyarakat bahwa tempat itu melakukan pengeringan dengan ikan bahan formalin.

Petugas dari Sat Reskrim Polres Tuban yang mendapatkan informasi itu langsung melakukan penyelidikan dengan mengambil sampel ikan asin dari tiga pabrik pengeringan ikan asin yang ada di Desa Glodok, Palang, Tuban itu untuk dilakukan uji labolatorium.

Dari hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa ikan asin yang berasal dari tiga pabrik pengeringan milik Suwito (45), Kasiamah (52) dan Kaspik (61), warga desa itu, memang benar telah mengandung bahan formalin. Sehingga petugas kepolisian langsung melakukan penggerebekan pabrik pengeringan ikan asin itu dan menangkap pemiliknya.

Dalam penggerebekan tersebut, petugas Polres Tuban berhasil mengamankan sebanyak 6 ton ikan asin kering yang sudah dikemas dalam kardus dan siap dikirim ke sejumlah wilayah di Pulau Jawa.

"Ikan asin itu akan dikirim ke sejumlah wilayah, seperti Jakarta, Jogjakarta, Pasuruan serta wilayah lainnya. Pelaku sudah kita tangkap dan amankan untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut," terang Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Arief Kristanto, saat berada di tempat penggerebekan.

Petugas kepolisian langsung melakukan penyitaan terhadap barang bukti 6 ton ikan asin berformalin tersebut untuk dibawa ke Mapolres Tuban. Sementara petugas juga telah memasang garis polisi di tiga pabrik itu guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut.[air/mut]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar