KAB.TUBAN-05 September 2012-Pabrik Ikan Asin Berformalin Sudah 5 Tahun Beroperasi

Bookmark and Share

Rabu, 05 September 2012 17:08:29 WIB
Reporter : M Muthohar

Tuban (beritajatim.com) - Keberadaan dari 3 pabrik pembuatan ikan asin berformalin yang digrebek oleh petugas kepolisian Polres Tuban yang berada di Desa Glodok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban tersebut sudah lama memproduksi ikan asin dengan menggunakan formalin. Rata-rata mereka sudah beroperasi selama 5 tahun, Rabu (05/09/2012).

Menurut dari keterangan Kasiamah (51), salah satu pemilik pabrik pembuatan ikan asin tersebut bahwa dirinya telah melakukan produksi ikan asin dengan menggunakan formalin tersebut sudah sekitar 5 tahun. Pelaku mengaku dengan menggunakan formalin keberadaan ikan akan lebih awet dan lebih cepat saat melakukan pengeringan. "Ini sudah 5 tahun saya lakukan, saya menggunakan formalin karena sesuai dengan permintaan yang membeli. Kalau tidak di formalin katanya ikannya cepat rusak," ujar Kasiamah (51), saat berada di pabriknya.

Menrutu Kaspik (61), yang merupakan salah satu dari pemilik pabrik ikan asin berformalin yang sudah beroperasi selama 3 tahun ini menyatakan bahwa ia memang sengaja menggunakan formalin dalam memproduksi ikan asin yang dijual di pasaran tersebut lantaran untuk mempercepat proses pengeringan. "Biasa kalau tidak memakai formalin pengeringan sampai 4 bahkan 5 hari, tapi kalau menggunakan formalin hanya butuh waktu satu hari sudah kering, selain itu ikan lebih tahan lama," sambung Kaspik.

Dalam setiap hari rata-rata mereka bisa melakukan produksi ikan asin berformalin tersebut antara 8 kwintal hingga 1 ton, tergantung dari hasil tangkapan ikan para nelayan yang ada di wilayah tersebut. "Untuk harganya juga tidak menentu tergantung penawaran, biasanya antara Rp 3.000 hingga Rp 4.000 setiap kilonya," lanjut ibu 2 anak tersebut.

Sementara itu petugas kepolisian Polres Tuban masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dalam kasus pembuatan ikan asin berformalin tersebut. Saat ini petugas masih melakukan olah TKP dan memeriksa sejumlah saksi termasuk para pelaku.[mut/ted]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar