KAB.TUBAN-03 September 2012-Puluhan Warga Rebutan Paket Sedekah di Klenteng

Bookmark and Share

Senin, 03 September 2012 20:25:35 WIB
Reporter : M Muthohar

Tuban (beritajatim.com) - Puluhan warga yang terdiri dari ibu-ibu dan orang tua mendatangi kegiatan sedekah bumi di Klenteng Tjoe Ling Kiong, yang berada di jalan Panglima Sudirman, Kabupaten Tuban, Senin (03/09/2012). Dalam kegiatan tersebut, puluhan warga yang hadir berebut bungkusan paket sedekah yang disediakan oleh warga Tionghoa.

Dari pantauan beritajatim.com, puluhan warga yang datang dari kawasan kota Tuban tersebut sudah mulai berkumpul sejak sebelum dilakukannya upacara sembahyang. Sedekah Bumi sebagai bentuk penghormatan kepada para arwah leluhur warga Tionghoa.

Saat dilaksanakannya sembahyang itu, puluhan warga yang sudah berkumpul di klenteng saling berdesakan dan sudah mengantre untuk berebut bungkusan yang berisikan makanan, mie instan, dan barang yang lainnya.

Setelah usainya sembahyang ritual, rebutan bungkusan makanan dalam kegiatan Sedekah Bumi di klentang dimulai. Puluhan warga yang sudah berkumpul langsung menyerbu bungkusan yang telah disediakan. Mereka saling dorong dan harus berebut sejumlah warga lain untuk mendapatkan bungkusan itu.

"Kita harus rebutan mas, kalau tidak ikut rebutan kita tidak akan mendapatkan bungkusannya," ujar Wiwik, salah satu warga yang ikut dalam ritual sedakah bumi tersebut.

Sementara itu, panitia pelaksanaan dalam ritual sedakah bumi di klenteng tersebut telah menyediakan sebanyak 600 paket bungkusan, setelah diserbu oleh warga semua paketan telah habis. Sedangkan untuk setiap warga yang ikut melakukan ritual tersebut mendapatkan lebih dari satu bungkus.

"Kegiatan ini adalah merupakan bentuk penghormatan kepada leluhur kita, ini kita lakukan setiap tahun. Paket bungkusan yang kita bagikan adalah merupakan sumbangan dari jamaat klenteng," terang Gunawan Putra Wirawan, yang merupakan ketua Klenteng Tjoe Ling Kiong. [mut/but]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar