KAB.JEMBER-Krisis Air Mulai Melanda Jember

Bookmark and Share

Sabtu, 01 September 2012 16:37:39 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan

Jember (beritajatim.com) - Krisis air bersih mulai melanda beberapa titik di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Warga menanti pemerintah daerah bergerak menanggulangi permasalahan.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jember Karimullah mengatakan, beberapa titik yang mengalami krisis antara lain Desa Jatiroto Kecamatan Sumberbary, Karangharjo Kecamatan Silo, dan Gombongan dan Banjaragung di Tempurejo.

Di Jatiroto, Komisi C sempat melakukan inspeksi ke sana setahun kemarin. "Ada beberapa program yang telah dilahirkan pemerintah, seperti pengeboran sumur tapi masih belum maksimal, masih belum memenuhi kebutuhan air di masyarakat," katanya, Sabtu (1/9/2012).

Menurut catatan beritajatim.com, puluhan warga dua dusun Desa Jatiroto, Kecamatan Sumberbaru, yakni Dusun Jati Ko'ong dan Darungan, berunjuk rasa di depan gedung DPRD Jember, Rabu (19/10/2011) silam.

Saat itu, warga menyatakan, krisis air bersih sudah berlangsung lama. Bahkan, untuk memperoleh air bersih, 500 keluarga harus membeli dengan harga Rp 2.500 per jerigen. Sementara, untuk mandi, mereka bisa melakukannya di sungai. Sebenarnya di Desa Jatiroto, ada sumur bor yang dibangun Belanda jaman dulu. Namun airnya dialirkan untuk pabrik gula PTPN XI di Jatiroto, Lumajang. [wir]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar