INTERNET-Bos Google dan Apple Adakan Pembicaraan Rahasia

Bookmark and Share

Minggu, 02 September 2012 18:57:21 WIB
Reporter : -

San Francisco (beritajatim.com) - Chief Executive Google Larry Page dan CEO Apple Tim Cook dikabarkan melakukan pembicaraan rahasia untuk membahas hak kekayaan intelektual, termasuk masalah sengketa paten di antara keduanya.

Perseteruan paten tampaknya akan terus berlanjut, meskipun Apple telah keluar sebagai pemenang dan semakin percaya diri melakukan serangan berikutnya. Namun sumber mengatakan kedua petinggi Google dan Apple telah mengadakakan pembicaraan tertutup yang membahas masalah paten.

Page dan Cook diharapkan kembali melakukan pembicaraan dalam beberapa pekan ke depan, walaupun belum ada tanggal yang ditetapkan oleh kedua perusahaan, kata sumber tersebut.

Seorang sumber mengatakan kepada Reuters bahwa pertemuan telah dijadwalkan untuk hari Jumat (31/8), namun ditunda karena alasan tidak jelas.

Apple dan Google tampaknya mencoba tetap menjaga jalur komunikasi pada tingkat tinggi merunut kemenangan Apple dalam kasus pelanggaran paten terhadap Samsung, yang menggunakan sistem operasi Google Android.

Akan tetapi, baik pihak Apple maupun Google menolak berkomentar mengenai munculnya berita pembicaraan rahasia di antara kedua pemimpin perusahaan raksasa tersebut.

Kemenangan Apple atas Samsung di pengadilan AS pekan lalu, dikhawatirkan akan merembet dengan serangan Apple ke sistem operasi Android, berdasarkan sumber orang terdekat dari kedua perusahaan tersebut, kedua petinggi perusahaan tersebut bertemu untuk mengadakan ‘gencatan senjata’.

Google tampaknya menyadari bahwa sistem operasi Android berpotensi diserang Apple, mengingat paten yang dimenangkan Apple atas Samsung adalah paten software,dan software yang digunakan Samsung adalah Android.

Apabila Apple menyerang Android dan Apple menang, Google bukan hanya berpotensi membayar ganti rugi senilai miliaran dolar, namun juga harus siap menghadapi kemungkinan terburuk, pencekalan perangkat Android.

Persaingan antara Google dan Apple semakin memanas beberapa tahun terakhir seiring populernya sistem operasi iOS dan Android, yang keduanya mendominasi pasar smartphone dan tablet.

Bahkan mendiang pendiri Apple, Steve Jobs pernah mengatakan bahwa pihaknya akan terus menyerang Android dan menyebut Android mencontek dari Apple iOS.

Memanasnya hubungan Apple dengan Google semakin terlihat saat aplikasi YouTube dan Google Maps dihilangkan dari aplikasi standar di sistem operasi terbaru Apple, iOS 6. [kun]

Sumber : inilah.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar