HANDPHONE-Catatan dari Berlin Android & iPhone Berebut Kekuasaan

Bookmark and Share

Fino Yurio Kristo - detikInet
FOTO: Salah satu sudut di Berlin (fyk/inet)
Jakarta - Berlin adalah ibukota Jerman, sekaligus kota terbesar di negeri itu. Penduduknya 3,5 juta jiwa. Udaranya sejuk, lingkungannya bersih, dan hampir tidak ada macet. Jauh keadaannya dibandingkan Jakarta.

Sama seperti di Indonesia, masyarakat di sana juga gemar menggunakan smartphone. Namun jenis yang digunakan berbeda. Jika di sini BlackBerry merajai, di sana Android dan iPhone berebut kekuasaan.

"Saya kira antara Android dan iPhone penggunanya seimbang. Kalau saya bilang, Android lebih unggul," kata Nikhols, pemandu tur para jurnalis asal Indonesia yang berkunjung ke Berlin belum lama ini.

Banyak penduduk Jerman memilih bepergian jalan kaki atau bersepeda, karena udara di sana memang sejuk, trotoarnya luas dan banyak taman dengan pohon rindang. Terlihat mereka juga sibuk mengutak atik ponsel, kebanyakan Android atau iPhone.

"Dulu saya senang menggunakan iPhone, tapi sekarang beralih ke Android. Saya tidak suka kontrol Apple yang terlalu ketat dan juga terlalu mahal," kata Juergen, seorang pengguna Galaxy S III.

Lalu bagaimana dengan jenis smartphone lainnya? Menurut Juergen, ponsel lainnya tidak terlampau populer. "BlackBerry semakin menurun penggunanya," kata dia.

Dan memang, detikINET sangat jarang melihat warga setempat menggunakan BlackBerry atau Windows Phone misalnya. Kalau tidak ponsel Android, ya iPhone.

Juergen yang berprofesi sebagai pebisnis ini ternyata juga cukup mengikuti perkembangan teknologi. "Saya tahu kemarin Apple menang gugatan USD 1 miliar atas Samsung di AS, tapi itu saya kira karena Apple tidak ingin Android sukses, " demikian pendapatnya.

Di Jerman, penjualan ponsel kebanyakan dengan sistem kontrak via operator. detikINET sempat mampir ke sebuah toko operator Vodafone. Mayoritas ponsel yang dipajang di sana pun memakai Android.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar