GADGET-(Samsung Galaxy Note 10.1 + Sylus S Pen) Berkreativitas Seperti Mencoret di Atas Kertas

Bookmark and Share

Oleh: Nur Ikhsan Suryakusumah
Senin, 3 September 2012, 09:09 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Kepekaan atau sensitivitas tablet kini semakin menyesuaikan diri dengan kebutuhan manusia. Selain mendukung produktivitas, sensitivitas ini juga dapat menghadirkan berbagai proses kreatif yang nyaris tidak bisa dilakukan sebelumnya.

Dua hari yang lalu, tablet terbaru dari Samsung yakni Galaxy Note 10.1 resmi dipasarkan di Indonesia. Ada yang sedikit berbeda dari hadirnya perangkat ini, yakni dengan tambahan sebuah pena stylus S Pen. Kehadiran pena stylus ini memungkinkan pengguna berkegiatan seperti layaknya membuat catatan di atas selembar kertas.

Pena stylus S Pen ini memiliki tekanan sensitif dengan kalibrasi 1.024 kali untuk menghasilkan ketepatan terbaik pengalaman tulisan tangan. Presisi titik pena ini sebesar 0,5 milimiter. Dengan demikian, ketepatan garis serta gambar diklaim akan lebih detail.

Dibanding Galaxy Note edisi sebelumnya, palm rejection untuk mencegah sentuhan tak diharapkan, telah ditingkatkan. Pena stylus ini terasa berguna bagi Anda yang berhubungan dengan proses kreatif. Bagi Anda yang bekerja di bidang kreatif, sketsa bisa dibikin di mana saja, bahkan saat bertemu klien atau saat kapan pun inspirasi muncul.

Hingga saat ini, belum banyak pengembang tablet yang mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa memaksimalkan penggunaan pena stylus. Ini adalah sebuah langkah brilian bagi Samsung dengan membangun S Pen yang juga disertai aplikasi S Note, aplikasi yang akan membuat Anda begitu mudahnya membuat catatan-catatan kecil di atas pekerjaan Anda secara digital.

Dengan aplikasi S Note, Anda bisa menuliskan tulisan-tulisan tambahan di atas laporan-laporan pekerjaan, menandai grafik, atau menggambar di atas halaman kosong. Anda pun juga bisa mengubah jenis-jenis pena yang ingin Anda gunakan. Mulai dari jenis pena tinta biasa, jenis pensil, paintbrush atau kuas melukis, atau menggantinya menjadi highlighter.

Samsung Galaxy Note 10.1 pun juga memiliki tingkat sensitifitas tinggi. Bila Anda memberikan tekanan stylus S Pen pada layarnya, maka akan semakin tebal pula ‘tinta’ yang akan tercetak dan begitu juga sebaliknya.

Secara garis besar, Samsung Galaxy Note 10.1 memiliki potensi produktivitas yang lebih besar dibandingkan tablet-tablet lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh keberadaan pena stylus S Pen yang membuat kinerja tablet ini begitu optimal. Anda bisa melakukan hampir segala hal di Galaxy Note 10.1 dengan bila memegang S Pen.

Samsung Galaxy Note 10.1 dipersenjatai dengan prosesor quad-core 1,4 GHz. Tablet ini memiliki kecepatan mengunduh sampai dengan 21 Mbps dan channel bonding untuk menaikkan kecepatan Wi-fi sebanyak dua kali lipat. [mor]

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar