FLORA DAN FAUNA-Karena Wajah Lucunya, Panda Merah Terancam Punah

Bookmark and Share

Oleh: Nur Ikhsan Suryakusumah
Selasa, 28 Agustus 2012, 20:21 WIB

INILAH.COM, New York - Memiliki wajah yang lucu dan menggemaskan, membuat mereka kerap dibawa untuk suvenir. Selain untuk dipelihara juga untuk diambil bulunya. Dan kini, panda merah pun terancam punah.

Dilansir oleh ABC News, panda merah yang memiliki nama latin Ailurus Fulgensmerupakan spesies langka yang berasal dari wilayah pegunungan Himalaya yang terbentang di wilayah Nepal, Bhutan dan India.

Dijumpai pertama kali pada awal 1800-an, 50 tahun lebih awal sebelum panda hitam putih ditemukan. Di era itu, panda merah merupakan aksesori wajib bagi kaum kolonial.

Dahulu panda merah mendiami wilayah yang cukup luas di Bumi ini. Namun perburuan dan penebangan hutan membuat habitat dan populasinya menurun. Menurut ahli konservasi, kini hanya tinggal 10.000 individu panda merah yang tersisa di alam liar.

Oleh karena itu, International Union for Conservation of Nature (IUCN) menempatkannya dalam daftar merah 'terancam punah' sejak 2008. Ironisnya, menurunnya populasi panda merah disebabkan morfologi tubuh mereka yang mengundang rasa sayang.

"Karena memiliki wajah lucu, menggemaskan, dan sifatnya yang penyayang, membuat mereka kerap dibawa ke luar negeri," ujar petugas dari Kebun Binatang Darjeeling, India.

Panda merah sebenarnya kerap kita temui dalam wujud simbol browser internet, Firefox. Bahkan industri film Hollywood juga pernah mengangkat sosoknya dalam diri Master Shifu dalam film animasi Kung Fu Panda.

Di film itu, Shifu digambarkan sebagai sosok mahaguru kung fu bertubuh mungil namun berilmu tinggi dan menjadi mentor bagi panda raksasa demi menyelamatkan China dari ancaman penjahat.

Panda merah memiliki panjang badan kurang lebih satu meter dengan bobot antara 3,5 hingga 7 kilogram. Bulu lembutnya memenuhi sepanjang tubuh, bahkan hingga ke bawah kaki.

Ekor merupakan bagian penting karena bertugas menjaga keseimbangan saat memanjat pohon. Ekornyajuga menjadi selimutpenghangat saat musim dingin datang. Selain diincar sebagai peliharaan, panda merah juga diburu untuk bulunya.

Berbagai hukum perlindungan diterapkan demi menjaga kelestarian populasinya. Termasuk dengan merancang wilayah konservasi di The Padmaja Naidu Himalayan Zoological Park, Darjeeling, India. Di kebun binatang ini, panda merah dikembangbiakkan untuk menghasilkan keturunan. Makanan hariannya berupa dua kilogram bambu per hari juga bisa terpenuhi di sini.

Ingin lihat seperti apa lucunya wajah dan tingkah polah dari panda merah? Saksikan videonya di sini.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar