Pemandangan Danau Kelimutu yang Indah

Bookmark and Share

Danau yang tercipta karena letusan Kelimutu pada 1886, memberikan pesona tersendiri dari fenomena alam tersebut, danau kelimutu juga biasa di sebut danau 3 warnaletaknya di kabupaten ende Nusa Tenggara Timur, keindahan alam indonesia memang tiada duanya memberikan sensasi keindahan tersendiri.

Danau yang menjadi kawasan wisata ini sangat unik karena mempunyai tiga warna yaitu merah, biru dan putih yang selalu berubah-ubah dan terdapat dalam satu kawasan yang masing-masing danau di pisahkan oleh tebing yang sempit dan terjal.

Perubahan warna pada Kelimutu dipercaya masyarakat sebagai tanda akan terjadinya sesuatu sehingga tempat inipun di keramatkan dan pada hari-hari tertentu masyarakat membakar sajen untuk meminta agar terhindar dari musibah, namun perubahan ini di akibatkan oleh pergeseran lempeng kerak bumi.

Pada 1992 terjadi gempa yang menyebabkan perubahan pada danau, danau yang berwarna biru berubah jadi hijau, yang merah berubah jadi merah hati sedangkan yang berwarna putih tetap tidak berubah.

Danau yang berwarna biru dan merah hanya dapat di lihat dari kejauhan, kita tak dapat mendekat karena tebing yang terjal dan berbatu-batu, terdapat papan tanda larangan untuk tidak menuruni kedua danau ini, tapi jangan kuatir karena pesonanya tetap tak tertandingi.

Khusus danau yang berwarna putih, yang menurut kepercayaan masyarakat setempat merupakan tempat bersemayamnya arwah-arwah orang tua yang telah meninggal, tebingnya tak terlalu terjal dan meskipun agak berbatu namun tetap dapat di turuni tapi tak banyak wisatawan yang berani karena medannya cukup merangsang adrenalin. Perjalanan ke Kelimutu harus dilakukan pada pagi hari karena waktu yang sangat baik untuk menikmati Kelimutu adalah pagi hari sampai sekitar jam 10an, lewat jam itu kabut mulai turun dan akan menutup pemandangan, temukan info menarik lainya seputar wisata: iklan wisata

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar